7 Pose Yoga Terbaik untuk Perbaiki Postur Tubuh
Ilustrasi (Yan Krukau/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah yang mengganggu, nyeri di tulang belikat, leher tegang, atau sakit kepala. Atau baru menyadari kalau postur tubuh Anda membungkuk, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah otot yang lemah dan tegang.

Berlatih yoga adalah cara tepat memulihkan kekuatan dan stabilitas tulang belakang Anda, dengan melatih dan meregangkan kelompok otot yang menopangnya. 

Berikut merupakan 10 pose yoga terbaik yang bisa bantu memperbaiki postur tubuh, disadur dari laman Live Strong, Senin, 16 Oktober.

Downward Facing Dog

Downward facing dog merupakan pose yang bagus untuk membuat bagian belakang tubuh lebih lentur. Dalam pose ini, Anda diminta meregangkan area seperti bagian belakang kaki dan melakukan dekompresi seluruh tulang belakang, yang dapat membantu Anda berdiri lebih tegak. Tidak hanya itu, menjaga dagu tetap dalam pose ini akan memanjangkan leher Anda, membantu melawan postur kepala ke depan.

Plank Pose

Plank pose bertujuan melatih otot inti dalam, yang membantu menopang tubuh Anda dalam melakukan hampir semua aktivitas. Otot inti yang kuat seperti otot punggung, bahu, dan leher bisa membuat Anda tetap tegak. Plank juga melatih otot-otot di kaki, lengan dada, dan bahu untuk kekuatan seluruh tubuh. Dengan pose yoga ini, perlahan tak terlihat lagi bentuk bahu bulat.

Forward Fold

Anda bisa tahu kenapa pose yoga ini jadi salah satu yang terbaik dalam perbaiki postur tubuh segera setelah Anda melakukannya. Dengan tiap tarikan napas dalam, Anda akan merasakan tulang belakang di punggung meregang satu sama lain saat kepala tertunduk dan pinggul terangkat.

Forward fold sempurna untuk mendekompresi tulang belakang setelah gravitasi menekannya sepanjang hari. Anda juga akan merasakan pelepasan yang dalam di bagian belakang kaki dan pinggul Anda.

Cobra Pose

Cobra pose merupakan salah satu pose yoga terbaik untuk postur tubuh Anda karena pose ini memanjangkan seluruh otot di sepanjang bagian depan tubuh. Yang tegang jika terlalu menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Dengan pose ini, Anda akan merasakan regangan yang dalam di bagian depan paha, pinggul, perut, bahu, dada, dan leher.

Bridge Pose

Menjaga panggul tetap stabil dan fleksor pinggul tetap kuat dan lentur sangat penting untuk postur tubuh yang baik: Otot-otot yang pendek dan tegang di area ini menarik otot-otot di tulang belakang bagian bawah dan menciptakan ketidakseimbangan.Bridge pose memperkuat otot bokong dan pinggul, dan juga melatih abdominis transversal (otot dalam di inti yang menjaga panggul dan tulang belakang tetap stabil).

Crescent Moon Pose

Pinggul yang kuat memainkan peran penting dalam menjaga postur tubuh. Tegang atau lemah fleksor pinggul dapat menyebabkan otot-otot lain di tubuh bekerja terlalu keras dan menjadi tegang, sehingga membuat seluruh tulang belakang Anda tidak sejajar.

Crescent moon pose atau low lunge dapat meregangkan dan dengan lembut memperkuat fleksor pinggul sambil meregangkan perut, dada, dan bahu Anda.

Child’s Pose

Child’s pose merupakan postur yoga restoratif yang meregangkan otot bokong, pinggul, dan punggung bawah. Yang biasanya tegang sepanjang hari karena beragam aktivitas dan memengaruhi postur tubuh Anda. Peregangan lembut ini memanjangkan otot-otot tersebut sehingga punggung bagian bawah dapat mengembang dan rileks.