7 Kesalahan Gaya Hidup yang Memengaruhi Tumbuhnya Uban di Usia Muda
Ilustrasi (Garon Piceli/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut beruban di usia muda dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk genetika, paparan lingkungan, dan pilihan gaya hidup. Berikut tujuh faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan rambut beruban dini, melansir Times of India, Jumat, 13 Oktober.

Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan akut dapat menyebabkan rambut beruban dini. Tingkat stres yang tinggi dapat menguras melanosit (sel yang bertanggung jawab memproduksi pigmen), sehingga menyebabkan hilangnya warna rambut.

Kekurangan Nutrisi

Pola makan yang kekurangan nutrisi penting, terutama vitamin seperti B12, asam folat, zat besi, dan mineral seperti tembaga dan seng, dapat menyebabkan munculnya uban dini. Nutrisi-nutrisi ini sangat berperan penting dalam menjaga pigmen rambut.

Merokok

Merokok juga dikaitkan sebagai penyebab rambut beruban dini. Bahan kimia berbahaya dalam asap tembakau dapat merusak folikel rambut dan mengganggu produksi melanin. Selain menyebabkan rambut uban, rokok juga bisa mengganggu kesehatan Anda.

Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan munculnya uban dini. Alkohol dapat menguras nutrisi penting dalam tubuh, mengganggu penyerapan vitamin dan mineral penting. Serta mengganggu kesehatan secara keseluruhan, yang semuanya dapat menyebabkan munculnya uban dini.

Pola Tidur yang Buruk

Tidur yang kurang atau berkualitas buruk dapat mempercepat proses uban. Kurang tidur dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan rambut.

Racun Lingkungan

Paparan polusi dan racun dari lingkungan, seperti polusi dan bahan kimia keras dalam produk rambut, dapat menyebabkan munculnya uban dini. Zat tersebut dapat merusak folikel rambut dan menghambat produksi melanin.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Gaya hidup yang kurang gerak dapat berkontribusi terhadap munculnya uban dini. Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah, yang memastikan nutrisi penting mencapai folikel rambut.

Meskipun faktor gaya hidup ini dapat berkontribusi terhadap munculnya uban dini, faktor genetik juga memainkan peran penting. Beberapa orang secara genetis cenderung beruban sebelum waktunya, apa pun pilihan gaya hidup yang dijalani.

Jika Anda khawatir tentang uban dini, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran dan pilihan pengobatan yang dipersonalisasi.