4 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami
Ilustrasi (Sam Lion/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Masalah kulit yang umum seperti komedo dapat mengganggu dan berdampak pada penampilan. Noda yang mengganggu ini muncul ketika bakteri, sel kulit mati, dan minyak berlebih menyumbat folikel rambut. Meskipun ada perawatan medis dan obat bebas yang tersedia, banyak orang lebih memilih menggunakan remedi rumahan dengan bahan alami yang murah untuk menghilangkan komedo. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Steam

Steam wajah merupakan salah satu cara paling sederhana untuk membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran. Tuang air matang ke dalam mangkuk. Untuk mengambil uap, condongkan tubuh ke atas mangkuk dan tutupi kepala Anda dengan kain. Setelah mengukus wajah selama 5 hingga 10 menit, gunakan alat ekstraktor komedo atau ujung jari yang dibalut tisu untuk menghilangkan komedo dengan lembut.

Lulur gula dan jus lemon

Sifat astringen dan eksfoliasi dari air lemon membantu pengelupasan kulit. Untuk membuat scrub, campurkan gula dan air perasan lemon. Oleskan scrub ke kulit Anda dengan gerakan lembut. Gunakan air hangat untuk membilas.

Toner cuka sari apel

Cuka sari apel membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan menyeimbangkan pH kulit. Air dan cuka sari apel harus dicampur secara merata. Setelah wajah dibersihkan, gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan toner ke wajah.

Masker putih telur

Keluarkan kuning telur dari putih telur sebelum digunakan sebagai masker wajah. Sebelum dibilas, biarkan mengencangkan dan kering di kulit Anda. Putih telur dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Tips lain yang bisa Anda lakukan yakni menggunakan pembersih dan pelembab lembut yang sesuai dengan jenis kulit Anda sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit rutin.

Disadur dari laman Times of India, Jumat, 13 Oktober, mengangkat komedo secara manual menggunakan tangan atau alat saat kulit kering sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan infeksi dan bekas luka. Gunakan perawatan kulit dan riasan yang non komedogenik. Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, lakukan eksfoliasi kulit dua hingga tiga kali setiap minggu.