Warna Bibir Berubah Gelap Bisa Jadi Karena Terpapar Sinar Matahari, Begini 10 Tips Mencerahkannya Kembali
Ilustrasi (Nataliya Vaitkevich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bibir yang berubah warna menjadi gelap bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain merokok, paparan sinar matahari, alergi, atau dehidrasi.

Berikut sepuluh perawatan rumahan yang dapat membantu memperbaiki tampilan bibir yang berubah warna.

Air Perasan Lemon dan Madu

Campurkan air perasan lemon dan madu dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut ke bibir gelap Anda. Air lemon dapat membantu meringankan flek hitam, sedangkan madu melembabkan dan menenangkan kulit.

Potongan Ketimun

Letakkan beberapa potongan tipis ketimun ke bibir Anda dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Ketimun memiliki sifat pemutih alami sehingga dengan melakukan perawatan menggunakan ketimun, dapat mengurangi pigmentasi di bibir.

Pasta Kelopak Mawar

Hancurkan kelopak mawar menjadi pasta dan oleskan ke bibir Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas. Kelopak bunga mawar mengandung senyawa alami yang dapat membantu mencerahkan flek hitam, dilansir dari Times of India, Selasa, 10 Oktober.

Scrub Minyak Zaitun dan Gula

Campurkan sedikit minyak zaitun dengan gula untuk membuat scrub. Pijat lembut campuran tersebut ke bibir Anda dengan gerakan memutar, lalu bilas. Ini mengelupas sel-sel kulit mati, memperlihatkan kulit yang lebih segar dan cerah.

Gel lidah buaya

Oleskan lapisan tipis gel lidah buaya segar ke bibir Anda. Lidah buaya memiliki khasiat menenangkan dan menyembuhkan yang dapat membantu memperbaiki tampilan bibir yang berubah warna.

Jus Bit

Oleskan sedikit jus buah bit ke bibir Anda. Biarkan selama sekitar 10-15 menit sebelum dibilas. Bit mengandung pigmen alami yang dapat membantu menambah warna kemerahan pada bibir Anda.

Susu dan Kunyit

Campurkan sedikit susu dengan sejumput kunyit hingga membentuk pasta. Oleskan ke bibir Anda dan diamkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas. Kunyit mempunyai sifat mencerahkan secara alami.

Minyak kelapa

Oleskan lapisan tipis minyak kelapa ke bibir Anda. Minyak kelapa merupakan emolien alami yang dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit.

Kantung teh hijau

Setelah menyeduh kantong teh hijau, biarkan dingin lalu tekan perlahan ke bibir Anda selama beberapa menit. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki warna kulit.

Hidrasi dan Atur Pola Makan

Minumlah banyak air agar tetap terhidrasi, yang membantu menjaga kesehatan dan kekenyalan bibir. Selain itu, sertakan makanan kaya vitamin dan antioksidan dalam piring Anda, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk meningkatkan kesehatan kulit.