Pecinta Anabul Harus Tahu, Kucing Tak Bisa Tanpa 7 Hal Ini
Ilustrasi kucing tak bisa tanpa hal ini (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing adalah hewan peliharaan yang relatif mudah dirawat. Meskipun begitu, mereka membutuhkan sejumlah hal dan kucing tak bisa hidup tanpa hal tersebut. Nah, kalau Anda ingin memutuskan memelihara hewan berbulu ini, pastikan mencukupi tujuh hal berikut ini.

1. Ruang milik mereka sendiri

Saat mengenalkan ruang barunya, ahli genetika medis di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pennsylvania, dokter Carol Margolis menyarankan untuk menemukan tempat yang agak terpencil dan cukup kecil agar tidak membebani. Paling penting adalah ruangan tersebut bisa menjadi markas bagi anak kucing.

Margolis menambahkan, ruang ini harus di area terpencil yagn tidak sering dikunjungi. Namun, anak kucing tidak harus dikurung di ruangan ini setiap hari. Anda harus membiarkan anak kucing keluar untuk menjelajahi ruang lain di rumah.

kucing tak bisa tanpa hal ini
Ilustrasi kucing tak bisa tanpa hal ini (Freepik)

2. Tempat tidur yang hangat dan nyaman

Tempat tidur kucing harus hangat dan nyaman, ini membuat mereka betah. Tidak harus didesain mewah, kucing juga menyenangi hal sederhana, seperti kardus kosong. Jika Anda menggunakan selimut, dibenarkan asisten profesor dan koordinator pendidikan klinis di Kansas State University, Manhattan. Jelasnya lagi, kucing lebih menyukai lingkungan tidur yang lebih hangat daripada manusia.

3. Makanan lezat

Baik Englar maupun Margolis merekomendasikan bahwa anak kucing harus diberi makan anak kucing. Mereka juga mendorong pemilik kucing untuk memastikan anak kucing memahami makanan dalam berbagai bentuk. Ini mungkin membantu kucing mengubah pola makannya.

“Jika seekor kucing hanya diberi satu jenis makanan dalam satu ukuran, akan sulit untuk membuat mereka mencoba makanan baru di kemudian hari,” kata Englar.

Margolis menambahkan, kalau makanan basah mungkin lebih disukai karena paling mirip dengan rasa ikan atau daging. Tetapi, Anda tidak akan tahu betul mana yang paling disukai anabul kecuali mencobanya.

4. Litter box

Sebagian besar anak kucing datang ke rumah dengan sudah dilatih buang air kecil maupun buang air besar. Jadi, pastikan mereka mengetahui tempat meletakkan liter box atau kotak kotoran. Untuk membersihkannya, bisa dengan menggunakan sekop kecil dan harus dibersihkan setiap anabul buang air.

kucing tak bisa tanpa hal ini
Ilustrasi kucing tak bisa tanpa hal ini (Freepik)

5. Tempat untuk mengasah kuku

Mengasah kuku atau menggaruk, adalah naluri dasar kucing. Mereka akan melakukannya dan Anda perlu memastikan mereka melakukan di tempat yang seharusnya. Mungkin saat percobaan, anak kucing akan salah melakukannya di karpet atau furniture kayu. Hanya saja, Anda perlu terus-menerus mengenalkan pada anabul.

6. Mainan yang membuat mereka senang

Selain boneka yang sederhana, catnip, atau mainan tikus, Margolis juga merekomendasikan mainan puzzle untuk kucing. Ketika memainkan permainan ini, Anda bisa memberinya camilan. Penting dipahami, kucing suka permainan interaktif yang melibatkan naluri mereka berburu serta bersembunyi.

7. Menjaga kesehatan dan keselamatan kucing

Margolis menyarankan, pemilik anak kucing baru melakukan melakukan dua hal di dokter hewan. Pertama, buatlah microchip supaya dia tidak kabur dan memastikan orang bisa menghubungi Anda jika mereka keluar terlalu jauh dari rumah. Selain menjaga keselamatan mereka, penting juga periksa rutin ke dokter hewan setidaknya setahun sekali.

Itulah ketujuh hal yang kucing tak bisa tanpanya. Anda sebagai pecinta hewan harus memahami hal tersebut dan mencukupi kebutuhan mereka.