Stres Melanda di Tempat Kerja, Begini 6 Tips Mengatasinya
Ilustrasi (Mikhail Nilov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu cara efektif mengatasi stres di tempat kerja adalah dengan segera mengelola pemicu stres, alih-alih membiarkan situasi menjadi semakin buruk. Meskipun hal ini tidak selalu memungkinkan karena beberapa hal bisa jadi berada di luar kendali Anda. Tapi coba pertimbangkan mempelajari tips berikut demi mengetahui mana yang mungkin dapat diterapkan dengan kondisi kerja Anda saat ini.

Istirahat sejenak

Psikolog Jacquelyn Johnson, PsyD, dilansir dari PsychCentral, Rabu, 27 September menyarankan jika memungkinkan, pertimbangkan untuk beristirahat atau menjauhi sumber stres langsung di tempat kerja.

Jika Anda tidak dapat meninggalkan tempat kerja, pertimbangkan;

  • pergi ke kamar mandi
  • luangkan waktu sejenak membuat teh atau berjalan-jalan
  • menjeda aktivitas yang membuat Anda stres dan kerjakan aktivitas lain selama beberapa menit
  • menonton video santai berdurasi 1 hingga 5 menit di YouTube

Meski mencari suasana baru dengan berjalan di sekitar ruang kerja mungkin tidak diperbolehkan di setiap lingkungan kerja. Tapi, pertimbangkan cara mengambil rehat mental sejenak. Misalnya, luangkan waktu fokus pada suatu objek di sekitar dan mencoba mengidentifikasi sebanyak mungkin detailnya.

Latihan pernapasan dalam

Jika tingkat stres Anda bertambah, cobalah latihan pernapasan dalam. Penelitian telah menunjukkan bahwa teknik pernapasan dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, serta menghilangkan stres dan ketegangan yang dirasakan tubuh.

Karena bernapas adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan dimana saja, maka pertimbangkan untuk melakukan teknik pernapasan sesegera dan sesering mungkin saat stres melanda.

Beberapa latihan pernapasan dapat membantu Anda cepat tenang, yaitu;

  • metode pernapasan kotak
  • teknik 4-7-8
  • pernapasan penuh perhatian

Tulis jurnal

Sains mendukung manfaat kesehatan mental dari jurnaling. Studi penelitian pada tahun 2021, menunjukkan bahwa membuat jurnal dapat bermanfaat menghilangkan stres di setiap kesempatan.

Menulis jurnal bisa sesederhana mengatur pengatur waktu 5 menit dan menuliskan rasa stres dan kekhawatiran Anda. Jika Anda tidak yakin harus menulis apa, pertimbangkan memilih journal prompt atau panduan melakukan kegiatan jurnaling. Anda dapat membuat jurnal di ponsel, komputer, atau

buku harian.

Jalan-jalan

Olahraga setiap hari dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa olahraga dapat memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab mengatur suasana hati dan mengatasi stres.

Faktanya, semua aktivitas fisik dapat meningkatkan hormon perasaan senang seperti endorfin, dopamin, dan serotonin. Jika Anda tidak bisa berolahraga secara rutin, cobalah melakukan peregangan di tempat duduk, berjalan-jalan sebelum, selama, atau setelah bekerja, atau naik turun tangga jika bisa.

Jalan-jalan juga bisa meredakan stres. Sebuah studi tahun 2019 menyimpulkan bahwa menghabiskan 20 menit di luar ruangan, meski hanya duduk, adalah cara efektif mengurangi stres.

Kalau memungkinkan, coba sesekali jalan kaki ke kantor, makan siang di luar ruangan, atau menghabiskan waktu di taman setelah bekerja. Memandang ke luar jendela selama 5 menit dan fokus pada langit, pepohonan, burung, lampu, atau apa pun yang dapat Anda lihat, juga dapat membantu mengelola stres di tempat kerja.

Musik

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa mendengarkan musik selama 10 menit bisa menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan suasana hati, terutama jika mendengarkan musik favorit.

Pertimbangkan mencari musik yang dapat didengarkan saat bekerja. Atau pada hari-hari yang penuh tekanan, cobalah mendengarkan lagu favorit saat berangkat dan pulang kerja dan saat istirahat.

Meditasi

Menurut Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional (NCCIH), meditasi merupakan cara efektif mencapai relaksasi mental dan fisik. Meditasi tidak harus memakan waktu satu jam penuh. Anda dapat mempraktikkan versi singkat meditasi favorit Anda di meja kerja atau saat istirahat.

Misalnya, Anda dapat memusatkan perhatian pada napas selama 1 menit dan kemudian secara mental mengulangi afirmasi positif selama 3 menit. Anda juga dapat menuliskan penegasan ini pada dokumen Word dan fokus pada layar selama beberapa menit sambil membacanya dalam pikiran Anda.

Mengatasi stres di tempat kerja sangat mungkin dilakukan. Dengan mengantisipasi pemicu stres, mempraktikkan teknik relaksasi, dan mengatur waktu, Anda dapat mengurangi beberapa tekanan yang membuat Anda merasa stres di tempat kerja. Jika merasa sulit mengatasi stres di tempat kerja, pertimbangkan berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental.