7 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert karena Tak Melibatkan Banyak Orang
Ilustrasi introvert (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak semua pekerjaan cocok untuk seorang introvert. Maka tak heran jika mereka lebih selektif dalam memilih pekerjaan. Hal itu dilakukan agar mereka bisa bekerja dengan nyaman tanpa ada gangguan. Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok untuk introvert?

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Dikutip dari situs siloamhospitals, introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang akan menaruh perhatian khusus pada kenyamanan, baik pada pikiran maupun perasaan sendiri. Introvert berbeda dengan sifat pemalu dan penyendiri. Mereka lebih menyukai kesendirian, namun bisa menyesuaikan diri jika harus hidup dalam lingkungan sosial yang ramai.

Berbeda dengan ekstrovert yang selalu bersemangat untuk bertemu orang baru atau bekerja dalam kelompok, introvert akan memilih bekerja sendiri dan mandiri.

Dengan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa orang introvert tentu akan memilih pekerjaan yang tak banyak menuntut mereka untuk bersinggungan dengan orang lain. Beberapa pekerjaan yang cocok untuk orang introvert adalah sebagai berikut.

  1. Petugas Perpusataan

Bagi orang introvert, petugas pekerjaan cukup diidam-idamkan karena mereka akan memiliki banyak waktu untuk sendiri. Jika pun harus bersinggungan dengan pengunjung, mereka tak perlu berlama-lama menghabiskan waktu dengan orang lain. Bahkan mereka cukup berbisik saat berbicara dengan orang lain selama di perpustakaan.

  1. Penulis

Aktivitas menulis bagi seorang introvert cukup menyenangkan karena mereka bisa mengekspresikan diri tanpa harus melibatkan orang lain dalam jumlah banyak. Mereka bisa menulis apapun, seperti novel, puisi, atau teks iklan. Penulis juga bekerja secara individual sehingga tak melibatkan tim dengan anggota yang banyak.

  1. Programer

Seorang programer akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan komputer, laptop, atau piranti elektronik lain asal tersambung dengan internet. Pekerjaan ini banyak menghabiskan waktu di ruang kerja. Meski pun mereka harus berkomunikasi dengan tim lain, programer bisa memilih untuk bercakap lewat aplikasi seperti WhatsApp, Google Meets, dan sebagainya.

  1. Seniman

Seorang introvert biasanya memiliki daya kreatif yang lebih besar dibanding yang lainnya. Mereka sering berpikir out of the box, karena itu banyak introvert yang melakoni pekerjaan seni seperti pelukis, penyanyi, ilustrator, musisi, dan masih banyak lagi.

  1. Zookeeper

Bukan tidak mungkin seorang introvert lebih memilih bersinggungan dengan hewan dibanding dengan manusia. Seorang zookeper akan bertanggung jawab untuk melatih hewan, mengasuh bayi hewan, memperhatikan makanan mereka, dan masih banyak lagi. Bagi seorang introvert pekerjaan sebagai zookeeper adalah pekerjaan yang sempurna.

  1. Akuntan

Akuntan adalah pekerjaan yang berhubungan dengan angka keuangan seperti mencatat laba-rugi, mendeteksi adanya potensi kerugian, melakukan analisis keuangan, dan masih banyak lagi. Introvert akan bekerja secara mandiri dengan kertas yang berisi data dan angka.

  1. Chef

Seorang chef akan lebih banyak menghabiskan waktu di dapur mengolah bahan masakan. Seorang chef akan lebih banyak bersinggungan dengan lebih sedikit manusia dibanding pekerjaan lain seperti seorang MC atau pekerjaan yang membuat mereka jadi perhatian publik.

Itulah informasi terkait pekerjaan yang cocok untuk introvert. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.