Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer, Jangan Asal Memasak!
Makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kini air fryer merupakan peralatan masak yang banyak digunakan karena memudahkan saat menggoreng makanan. Dengan alat ini Anda bisa menggoreng tanpa memakai minyak, namun menggunakan udara panas. Meski bisa digunakan untuk menggoreng ayam, steak, dan lainnya, namun ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer. 

Air fryer menjadi alat masak yang diminati karena menawarkan kepraktisan dan tetap menghasilkan makanan yang renyah serta rendah lemak. Namun perlu diingat bahwa jangan menggunakan air fryer secara asal-asalan atau memasak sembarangan makanan. Lantas apa saja makanan yang tidak boleh dimasak pakai air fryer?

Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Penggunaan air fryer memang memudahkan keperluan memasak karena cara penggunaanya cukup dengan mengatur suhu dan memasukkan makanan di dalamnya. Alat ini akan bekerja otomatis menggoreng makanan dengan pematangan oleh uap panas. 

Namun ada beberapa makanan yang justru tidak bisa menghasilkan rasa dan tekstur maksimal ketika dimasak pakai air fryer. Anda perlu tahu, Berikut ini sejumlah makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer.

Keju Tanpa Pelapis

Keju tanpa lapisan sebaiknya tidak dimasak dengan air fryer. Menggoreng makanan ini pakai air fryer justru akan membuatnya cair dan meleleh ke dasar penggorengan sebelum mengering. Jika Anda ingin menggoreng keju pakai alat ini, disarankan untuk melapisinya lebih dulu dengan tepung panir yang renyah dan kering.

Makanan Terlalu Berlemak

Makanan terlalu berlemak juga tidak baik dimasak dengan air fryer. Salah satunya adalah beef slice irisan daging yang mengandung banyak lemak. Saat digoreng pakai air fryer, lemak akan menyebar ke seluruh bagian mesin alat ini sehingga menyulitkan proses pembersihan. Selain itu, daging juga bisa menjadi kering dan kehilangan cita rasanya.

Nasi

Memasak beras menggunakan air fryer mirip juga sebaiknya tidak dilakukan. Alat ini tidak cocok untuk memasak nasi karena nasi memerlukan tingkat kelembaban tinggi untuk bisa matang dengan sempurna. Jika Anda memasak masak nasi pakai air fryer maka hasilnya tidak akan matang dengan baik.

Sayuran Segar 

Anda mungkin ingin mencoba memasak sayuran segar dengan air fryer. Namun sebaiknya jangan melakukannya karena sayuran seperti daun selada, kangkung, dan bayam bersifat sangat ringan atau lembut. Sayuran segar akan mudah tertiup oleh aliran udara di sekitar alat ini sehingga dapat menyebabkan bentuk atau teksturnya jadi rusak.

Roti Panggang

Menggunakan air fryer untuk memanggang roti adalah ide yang kurang bijaksana. Sebaliknya, roti yang seharusnya lembut dan nikmat dapat menjadi kering, keras, atau bahkan terlalu gosong jika dipanggang dengan alat ini.

Popcorn

Jika ingin membuat popcorn, lebih disarankan untuk menggunakan microwave daripada air fryer. Memakai air fryer untuk memasak popcorn mungkin tidak akan berhasil. Sebab sebagian besar air fryer tidak dapat memberikan suhu yang cukup tinggi untuk menghasilkan biji popcorn. 

Pasta

Makanan lain yang sebaiknya tidak dimasak dengan air fryer adalah pasta. Penggunaan air fryer untuk memasak pasta mentah justru tidak praktis, karena pasta perlu dimasak dalam air mendidih. 

Meskipun secara teknis memasak saus pasta dalam air fryer bisa dilakukan, namun hasilnya tidak akan sempurna atau kacau. Sebaiknya hanya gunakan air fryer untuk menghangatkan pasta dan saus yang sudah matang.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer. Jadi apabila Anda ingin membeli air fryer atau sudah memilikinya, hindari menggunakannya untuk menggoreng beberapa makanan di atas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.