Batas Mandi Malam Jam Berapa: Berikut Uraiannya dari Sudut Pandang Medis dan Agama Islam
Ilustrasi Mandi (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak mitos terpaut kerap mandi malam bisa memunculkan penyakit beresiko. Lantas,kira-kira batas mandi malam jam berapa? Sementara itu tidak sepenuhnya benar.

Mandi di malam hari memanglah bisa memunculkan kendala kesehatan bila dilakukan segera sehabis beraktifitas ataupun pulang kerja.

Perihal ini sebab dikala kegiatan, temperatur badan bakal bertambah sehingga kala langsung dipakai mandi terdapat pergantian ekstrem dari pembuluh darah yang bisa merangsang sakit kepala serta badan yang tidak nyaman.

Akibat kerap mandi malam:

Mandi dengan air dingin dikatakan tingkatkan hormon kortisol yang berhubungan dengan mutu tidur yang tidak baik.

Terdapat yang menyatakan kortisol naik ini bakal memunculkan jadi sulit tidur sebab umumnya hormon ini aktif di pagi hari.

  • Merasa kedinginan dalam waktu lama.
  • Memicu alergi bila memiliki riwayat alergi dingin.
  • Iritasi kulit bila sangat lama.

Batas Mandi Malam Jam Berapa Dalam Sudut Pandang Medis

Jadi bila memanglah sebab pekerjaan yang mewajibkan pulang malam hingga tidak masalah mandi malam tetapi hendaknya tidak begitu sering serta istirahatkan dahulu tubuh supaya temperatur normal baru mulai mandi.

Tidak ada salahnya pula buat mandi dengan air hangat supaya tidak menganggu waktu tidur sebab dampak air dingin.

Terpaut batasan waktu mandi malam itu sendiri sesungguhnya tidak ada jam pastinya tetapi paling tidak kurang dari jam 10 malam supaya pola tidur pula tidak begitu malam sehingga kegiatan di keesokkan harinya senantiasa optimal.

Apakah Mandi Malam Dapat Menyebabkan Paru-Paru Basah?

Melanesia dari AI.Care, sebenarnya tidak ada istilah paru-paru basah di dunia medis? Penyakit yang mengarah ke paru-paru basah adalah pneumonia atau radang paru.

Pneumonia dapat terjadi ketika kantung udara dari salah satu atau kedua paru-paru mengalami infeksi. Pada saat ini, kantung udara dapat berisi cairan atau nanah yang kemudian menyebabkan batuk berdahak, demam, menggigil dan kesulitan bernapas.

Pneumonia tidak disebabkan karena mandi di malam hari. Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur. Artinya, mandi malam hari menyebabkan paru-paru basah hanyalah mitos belaka.

Hukum Mandi Malam Hari Menurut Pandangan Islam

Bagi penjelasan Universitas Darussalam Gontor di web resminya, ada 3 waktu yang dilarang buat mandi.

Awal, ialah 30 menit sehabis salat asar. Di waktu ini, darah dalam badan lagi panas sehingga dikala mandi dapat membuat letih serta lelah. Kedua, ialah dikala magrib.

Di waktu tersebut, keadaan jantung mulai lemah serta dapat tingkatkan resiko paru- paru basah. Waktu ketiga yang dilarang mandi yakni setelah isya sampai jam 12 malam. 

Jadi setelah mengetahui batas mandi malam jam berapa, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!