7 Rebusan Daun untuk Memperlancar ASI
Ilustrasi daun kelor (Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi ibu menyusui, kelancaran Air Susu Ibu (ASI) adalah hal penting karena untuk mencukupi gizi bayi. Akan tetapi kadang ASI tidak keluar secara lancar. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi rebusan daun untuk memperlancar ASI sehingga asupan nutrisi untuk buah hati tercukupi.

Resep Rebusan Daun untuk Memperlancar ASI

Resep rebusan daun untuk melancarkan ASI memang kerap dipilih karena jadi cara alami untuk membantu kelancaran ASI. Bahkan resep tradisional ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melancarkan ASI. Berikut ini beberapa daun yang bisa direbus untuk melancarkan ASI.

  1. Rebusan Daun Kelor

Daun kelor banyak dimanfaatkan untuk obat tradisional termasuk membantu melancarkan ASI. Hal itu terjadi karena adanya senyawa fitolesterol yang mampu merangsang produks ASI pada ibu. Cara merebusnya pun sederhana, cukup masukkan daun kelor yang telah dibersihkan, lalu rebus dengan air mineral namun jangan sampai mendidih. Setelah itu minum air rebusan daun kelor tersebut secara rutin.

  1. Daun Katuk

Daun katuk adalah salah satu tumbuhan yang banyak ditemui di Indonesia. Daun ini mengandung karoten, a-tokoferol, dan asam askorbat yang dapat membantu melancarkan ASI. Namun saat mengonsusi daun ini harus didukung dengan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

Dikutip dari situs RSUD Dr. M. Ashari Pemalang, dokter sekaligus aktivis Pejuang ASI, Ameetha Drupadi menjelaskan bahwa daun ini mengandung asam folat, Vitamin A, B, C sehingga mampu menambah hormon prolaktin yang dapat membantu produksi ASI.

  1. Daun Adas

Daun ini banyak digunakan dalam berbagai ramuan pengobatan, termasuk membantu melancarkan ASI. Daun adas bisa dikonsumsi dengan cara diseduh atau dicampurkan pada makanan. Bahkan adas juga banyak dimakan secarra langsung atau mental untuk jadi salad atau ditumis.

  1. Daun Bangun Bangun

Khasiat daung bangun bangun disinggung dalam jurnal yang diterbitkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Kandungan daun ini adalah memicu hormon menyusui. Daun ini mengandung saponin, flavonoid, polifenol, prolactin, dan oksitosin. Selain itu terdapat kandungan zat besi dan karotenoid.

  1. Bayam Merah

Meski tak banyak ditemui, kandungan bayam merah karotein, klorofil, dan saponon membuat daun ini punya banyak khasiat. Tidak hanya pada bagian daun, pada batang ditemukan alkaloid, flavonoid, dan polifenol. Tanaman bayam merah juga mampu melancarkan ASI pada ibu menyusui.

  1. Daun Kari

Daun kari adalah salah satu sayuran yang berasal dari India. Selain dipakai dalam berbagai sajian kuliner, daun kari dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan salah satunya adalah melancarkan ASI. Hal itu terjadi karena daun kari mengandung berbagai mineral yang membantu proses produksi ASI pada ibu menyusui.

https://voi.id/lifestyle/311118/bantah-sindir-venna-melinda-di-akun-tiktok-ferry-irawan-murni-menghibur-masyarakat

  1. Daun Pepaya

Daun pepaya memang rasanya pahit, namun dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Daun ini mengandung quercetin yang membantu mengaktifkan hormon prolaktin. Pada pria, hormon tersebut membantu produksi sperma, sedangkan pada wanita membantu meningkatkan produksi asi.

Itulah informasi terkait rebusan daun untuk memperlancar ASI. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.