Bisa Dijadikan Motivasi, Ini 10 Manfaat Menurunkan Berat Badan Ideal
Ilustrasi manfaat menurunkan berat badan ideal (Freepik/garetvisual)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berat badan normal bisa diukur berdasarkan BMI (Body Mass Index). Perhitungan ini memperkirakan lemak tubuh yang didasarkan pada tinggi dan berat badan. Kalau lebih dari BMI normal, maka seseorang perlu menurunkan berat badan hingga ukuran normal. Bukan tanpa alasan, sebab setiap upaya keras untuk diet, rutin olahraga, dan menjaga pola hidup sehat ada banyak manfaatnya. Berikut, manfaat menurunkan berat badan ke ukuran ideal berdasarkan BMI.

1. Tidur lebih nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan 5 persen berat badan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan lebih lama sepanjang malam. Terlebih lagi, menghilangkan lemak berlebih dari tubuh dapat membantu meringankan apnea tidur dan mendengkur.

2. Keseimbangan hormonal yang lebih baik

Saat kehilangan lemak berlebih dari tubuh, hormon akan stabil dan hasilnya lebih mudah mempertahankan bahkan menurunkan berat badan lebih lanjut. Menurut ahli diet terdaftar Isabel Smith, MS., RD., CDN. dilansir Men’s Journal, Minggu, 10 September, kelenjar tiroid melepaskan dua hormon penting yang bertugas mengatur metabolisme dan memengaruhi kekuatan otot. Dengan menurunkan berat badan ideal, Anda telah menjaga keseimbangan hormon yang berfungsi signifikan pada kinerja tubuh.

manfaat menurunkan berat badan ideal
Ilustrasi manfaat menurunkan berat badan ideal (Freepik)

3. Peningkatan gairah seks

Menurut para ahli, penurunan berat badan dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron dan peningkatan libido. Dengan menurunkan berat badan sebanyak 10 pon atau 5 kilogram saja, sudah cukup merangsang hormon seks. Terlebih lagi, berolahraga setiap pagi juga meningkatkan aliran darah ke area panggul sehingga semakin meningkatkan dorongan seksual.

4. Peningkatan performa seksual

Peningkatan kebugaran fisik dikaitkan dengan kepuasan lebih besar di kamar tidur, jelas Smith. Jadi Anda perlu mengalokasikan waktu untuk berolahraga jika ingin meningkatkan performa seksual sehingga menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

5. Suasana hati lebih baik

Berolahraga melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa nyaman, ini disebut endorfin. Endorfin bertanggung jawab atas perasaan senang setelah berolahraga. Hormon ini berinteraksi dengan reseptor otak, mengurangi persepsi tentang rasa sakit, dan memberikan perasaan positif tubuh yang mirip dengan morfin.

manfaat menurunkan berat badan ideal
Ilustrasi manfaat menurunkan berat badan ideal (Freepik/lookstudio)

6. Mengurangi nyeri sendi

Sendi bisa rusak apabila diberi beban ekstra. Sederhananya, semakin kecil berat badan sehingga sesuai dengan kekuatan sendi, maka semakin sedikit risiko kerusakan sendi. Ini berarti, dengan menurunkan berat badan ideal akan berkurang potensi nyeri sendi.

7. Kulit bersih dan cerah

Rutinitas sehat tidak hanya menurunkan berat badan. Sebagai bonus tambahan, kulit akan terlihat bercahaya dan cerah. Anda juga perlu mengimbangi konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk mendorong sampah keluar dari pori-pori, mendorong detoksifikasi. Tetapi Smith mengingatkan, Anda perlu mencuci muka secara teratur setelah sesi kardio untuk menghindari jerawat tidak diinginkan dan pori-pori tersumbat.

8. Menghilangkan stres

Jika Anda memiliki agenda penurunan berat badan sampai BMI ideal dengan rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat, maka stres akan lebih bisa dikelola. Ini juga dianggap sebagai cara terbaik untuk mengurangi kecemasan dan stres.

manfaat menurunkan berat badan ideal
Ilustrasi manfaat menurunkan berat badan ideal (Freepik/garetvisual)

9. Peningkatan memori

Apakah Anda sering melupakan hal-hal penting? Maka cobalah mulai rutin berolahraga dan mendapatkan berat badan ideal. Pasalnya, menurunkan berat badan ideal bermanfaat meningkatkan daya ingat, menurut penelitian. Jadi, Anda tidak hanya merasa lebih bahagia sepanjang waktu karena pelepasan endorfin tetapi juga ingatan dan fokus lebih tajam.

10. Berusia lebih panjang

Mungkin terasa nikmat menghabiskan sekantung keripik dan minum minuman bersoda sambil duduk-duduk di sofa. Namun perlu disadari, tubuh perlu bergerak aktif dan mindful supaya bisa memperpanjang usia. Karena kebiasaan hidup sehat yang terkait penurunan berat badan, juga membuat Anda lebih sehat dan sejahtera secara keseluruhan baik fisik dan mental.