Alasan di Balik Susahnya Melupakan Cinta Pertama
Ilustrasi CInta Pertama (Cotton Bro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat jatuh cinta pertama kali, rasanya satu momen istimewa dalam hidup langsung terbentuk dengan sendirinya. Segala bentuk emosi mulai dari senang, sedih, hingga cemburu, mulai dirasakan saat memasuki fase ini. 

Sebagai langkah awal mencoba menjalin hubungan berkomitmen, ada banyak hal yang dipelajari di dalamnya. Hal inilah yang jadi salah satu alasan kenapa cinta pertama sulit dilupakan. Selain itu apa lagi? dirangkum dari Bustle, Kamis 3 Februari, berikut alasan lain kenapa cinta pertama sulit dilupakan.

Mengingat hal menyenangkan

Dr. Amy Ricke seorang psikiater di Your Doctors Online, mengatakan kepada Bustle bahwa cinta pertama jadi sulit dilupakan karena mereka mengajarkan hal tentang jatuh cinta. Saat jatuh cinta, hormon dopamin, oksitosin, dan serotonin, membanjiri otak. 

Hormon baik ini membuat Anda merasakan euforia dan perasaan senang yang intens, terutama bila digabungkan dengan sentuhan fisik dari si dia.

Selain itu, saat menjalin cinta pertama kali perasaan dan pikiran cenderung lebih sensitif saat menjalinnya. Hal inilah yang kemudian membuat cinta pertama tertanam di dalam pikiran.

Banyak pelajaran

Cinta pertama akan memengaruhi bagaimana Anda mencari pasangan untuk hubungan berikutnya. Sang cinta pertama akan Anda jadikan patokan terkait seperti apa Anda menginginkan seorang pasangan untuk jenjang hubungan yang lebih serius.

"Sejak cinta pertama Anda terasa intens, ini bisa mendorong Anda percaya bahwa orang yang Anda cintai pertama kali akan lebih baik dari yang lain," jelas April Davis, seorang matchmaker dan pendiri LUMA-Luxury.

Namun menurut Davis, cinta pertama tidak selalu jadi momen terbaik. Anda bisa merasa kecewa atau bahkan melakukan kesalahan saat merajut hubungan. Tapi, dengan ini Anda bisa belajar untuk menjadi pribadi lebih baik dalam menjalin hubungan dengan pasangan selanjutnya.

"Ada begitu banyak momen yang mengajarkanmu saat jatuh cinta untuk pertama kalinya," kata Davis. 

"Seiring berjalannya waktu dengan cinta yang baru, kamu masih bisa mempelajari hal-hal baru, tetapi ini lebih tentang mengubah hal-hal yang sudah kamu pelajari."

Hanya karena cinta pertama Anda sulit untuk dilupakan, bukan berarti itu satu-satunya cinta sejati yang pernah Anda miliki. 

Beberapa orang mungkin akan setuju. Tetapi bagi yang lain, ini adalah pengalaman belajar. Ini hanyalah alasan mengapa hubungan pertama itu begitu sulit untuk dilupakan.