Benarkah Tanaman Anggrek Aman bagi Kucing? 
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah jadi hal umum kalau kucing akan menggigit benda jika merasa penasaran dengan benda tersebut. Semua benda, tidak terkecuali tanaman hias dalam rumah. Padahal, Animal Hospital Association (AAHA) menyatakan bahwa tanaman merupakan salah satu racun paling umum bagi hewan peliharaan. 

Kabar baiknya, bagi para pencinta tanaman anggrek dan juga memiliki kucing, tanaman hias satu ini kabarnya memiliki spesies yang sebagian besar tidak beracun bagi kucing. Namun, bukan berarti kucing Anda bisa dengan bebas memakan anggrek dan merusak keindahannya. 

Untuk itu, Anda tetap perlu mencegah kucing untuk tidak terlalu dekat dengan anggrek, apalagi sampai memakannya.

(Karolina Grabowska/Pexels)

Jenis Anggrek yang Tidak Berbahaya bagi Kucing

ASPCA (The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals) dilansir dari The Spruce, Selasa, 5 September, mencantumkan genus anggrek terpopuler, yaitu Phalaenopsis sebagai genus yang tidak beracun bagi anjing dan kucing. Meski begitu, Anda tetap perlu mengawasi kucing kesayangan Anda dari tanaman Anggrek. Sebab aman belum tentu tidak menimbulkan masalah. Perlu dicatat bahwa anggrek selop (Cypripedium spp.) diketahui menyebabkan iritasi kulit ringan pada manusia, sehingga hal sama juga berlaku pada kucing.

Tidak Beracun, Tapi Bisa Bermasalah

Meski anggrek termasuk tanaman yang aman untuk kucing, tetap jauhkan kucing dari jangkauan. Selain merusak keindahan anggrek, tak sengaja memakan bagian tanaman ini pun bisa memicu sakit perut dan muntah pada kucing.

Risiko lain adalah kemungkin terdapat herbisida atau pestisida pada tanaman. Anda tidak akan tahu pasti apa yang digunakan penjual anggrek pada tanaman sebelum Anda membelinya. Dan, jika kucing menyukai tanah pot, bisa jadi tanah tersebut mengandung pupuk kimia beracun. Jika ragu, pindahkan anggrek ke media pot segar menggunakan pupuk organik yang aman untuk hewan peliharaan.

Alasan Kucing Tertarik pada Anggrek 

Memakan tanaman adalah hal umum terjadi pada kucing rumahan. Sebelumnya, para ahli menduga hal ini sering terjadi ketika kucing merasa tidak enak badan dan ingin muntah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini biasanya tidak dipicu oleh gangguan perut, melainkan perilaku naluriah. Beberapa kucing mungkin tertarik pada rasa, aroma, atau kelopak bunga anggrek dan kucing lainnya mungkin menggigitnya untuk bersenang-senang, atau untuk menghilangkan rasa bosan, atau stres.

(Claudia Barbosa/Pexels)

Cara Mencegah Kucing Memakan Anggrek 

Jika Anda tidak ingin kucing memakan anggrek atau tanaman hias lain, maka Anda perlu memenuhi kebutuhan yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa ide melindungi tanaman dari kucing yang lincah. 

  • Tawarkan pengayaan alternatif 

Berinvestasilah dalam mainan yang menstimulasi untuk  membantu ketika kucing memakan tanaman karena bosan. 

  • Buatlah tanaman anti-kucing 

Kucing adalah pemain akrobat yang handal, jadi meletakkan anggrek di rak yang tinggi mungkin tidak cukup dan bisa jadi kucing akan menjatuhkan tanaman yang rapuh dari tempat yang tinggi. Pertimbangkan di mana anggrek bisa mendapatkan cahaya yang dibutuhkannya, tetapi kucing tidak bisa menjangkaunya. 

  • Berikan beberapa rumput kucing 

Arahkan kucing yang menyukai tanaman ke vegetasi yang lebih tepat setiap kali menunjukkan minat untuk merumput di kelopak anggrek. 

  • Bantu kucing yang stres untuk rileks 

Kucing mungkin mengunyah tanaman sebagai cara untuk mengurangi stres. Jika Anda merasa kucing sedang cemas, pertimbangkan memanggil ahli perilaku hewan peliharaan profesional. Mereka dapat membantu Anda menentukan pemicu stres dan cara menolong kucing agar merasa lebih nyaman.