5 Tips Tetap Tenang saat Sedang Banyak Aktivitas
Ilustrasi tips tetap tenang saat sedang banyak tugas (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap orang memiliki ukuran masing-masing tentang seberapa sibuk mereka. Tetapi bagi sebagian orang, sibuk diartikan banyak hal yang harus diselesaikan dalam satu waktu dengan tenggat berdekatan. Termasuk banyaknya tugas berkaitan dengan keluarga, karir, dan komitmen lainnya. Pada dasarnya, hal tersebut bisa dilakukan secara seimbang dengan tenang tanpa harus mengalami stres. Nah, untuk menjalani kesibukan dengan tetap tenang, berikut tipsnya.

1. Buatlah daftar yang harus dilakukan

Satu hal yang terbaik dapat Anda lakukan agar tetap berada pada jalur saat jadwal padat, buatlah daftar apa yang ingin Anda capai. Penelitian menemukan, dengan menuliskan tujuan jangka pendek dan jangka panjang menciptakan rasa akuntabilitas. Artinya, Anda lebih mungkin menindaklanjuti semua aspek tugas tanpa mengorbankan salah satunya. Dengan menuliskan agenda, Anda juga bisa mengindentifikasi masalah serta menentukan prioritas tujuan.

2. Berhenti menunda-nunda

Ketika Anda sedang melalui waktu yang sangat sibuk, bahkan saat melakukan tugas kecil sekalipun, mungkin akan terasa menakutkan. Tetapi mengecilkan tugas dan menunda menyelesaikannya, bisa membuat tugas menumpuk di belakang. Ini berarti setiap hal kecil juga harus diperhatikan dan hindari menunda-nunda menyelesaikannya agar tidak kewalahan nantinya.

tips tenang saat sedang banyak tugas
Ilustrasi membuat daftar agenda dan hindari menunda-nunda saat sedang banyak tugas (Freepik/wayhomestudio)

3. Istirahat sejenak

Tidur seringkali menjadi hal pertama yang harus dilakukan ketika sibuk. Penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup, setidaknya 7-8 jam sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit. Ini artinya, manfaatkan waktu istirahat dengan baik. Jangan menunda jam tidur sehingga mengisi energi secara optimal untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda.

4. Rencanakan makanan Anda

Mengemas bekal untuk makan siang, cara jitu untuk mencegah telat makan. Anda bisa memasak dalam jumlah banyak dan menyiapkan makanan untuk menghemat waktu serta memastikan energi terisi. Kalau Anda tak punya waktu, Anda bisa mempercayakan pada ahlinya dan pastikan menu makanannya bergizi tanpa banyak kalori serta makanan yang diproses berlebihan. Kuncinya, dapatkan makanan sehat yang terbuat dari bahan segar, kaya protein, serat, biji-bijian, dan sayuran.

tips tetap tenang saat sedang banyak tugas
Ilustrasi tips tetap tenang saat sedang banyak tugas (Freepik)

5. Matikan telepon Anda

Mengintip sosial media kerap membuang waktu dan memicu melakukan hal di luar rencana. Maka banyak orang menganggap mengakses media sosial bisa mengganggu produktivitas. Artinya, Anda perlu membatasi screen time saat waktu tersibuk. Melansir Women’s Health Magazine, Senin, 4 September, penelitian menunjukkan siswa yang mengirim teks selama kelas memiliki kenerja lebih buruk pada ujian, kuis, dan tes. Dengan kata lain, fokuslah saat mengerjakan tugas dan pastikan pekerjaan tersebut selesai dahulu baru bisa mengakses media sosial.

Itulah kelima tips tetap tenang ketika banyak tugas harus segera diselesaikan tanpa mudah terdistraksi.