Cara Menghilangkan Karat Besi yang Super Ampuh dan Tidak Mahal
Cara Menghilangkan Karat Besi (Gambar Ben White - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak sedikit benda- benda yang dibuat dari besi tidak bisa dipakai lagi ataupun rusak sebab karatan. Karatan biasanya berlangsung sebab pengaruh oksigen, air, dan arus listrik yang bereaksi dengan klorida, hidrogen serta bakteri.

Karatan pada besi pula dapat berlangsung pada perabot ataupun perlengkapan yang terdapat di dalam rumah. Semacam pagar, gembok, kunci apalagi perlengkapan makan pula dapat terserang karat. Selain tidak indah dipandang, karatan pada perlengkapan makan bisa pengaruhi rasa masakan apalagi kesehatan untuk penggunanya.

Membasmi karat membandel dapat dicoba dengan metode yang lumayan gampang. Melalui bahan yang bisa ditemui tiap hari, semacam lemon, saos tomat serta cuka dapat dengan jitu melenyapkan karat pada besi.

Cara Menghilangkan Karat Besi

Cuka biasa

Metode pertama untuk melenyapkan karat pada besi yakni dengan memakai cuka biasa yang bisa dengan gampang kita temukan di dapur. Kalian cuma butuh menuangkan cuka biasa pada barang yang berkarat dengan waktu kurang lebih 24 jam.

Sehabis itu, sikat bagian karatnya memakai spons ataupun gosok. Buat hasil yang lebih optimal, gunakanlah spons ataupun gosok berbahan bawah alumunium foil sebab lebih efisien serta kilat dalam melenyapkan sisa- sisa karat pada besi. Memanglah metode kerja cuka biasa dalam melenyapkan karat pada besi tidak sedini cuka putih, tetapi paling tidak cuka biasa lebih gampang ditemui.

Ampelas

Ampelas umumnya digunakan selaku perlengkapan buat melaksanakan finishing supaya permukaan barang dapat rata ataupun halus. Ampelas pula bisa digunakan selaku metode melenyapkan karat pada besi.

Penggunaannya pula gampang, kalian cuma butuh menggosok- gosokkan ampelas ke seluruh bidang dari barang yang berkarat. Perihal yang butuh diingat, jangan tekan sangat keras dalam proses penggosokannya, ya supaya tidak mengganggu barang yang dibuat dari besi tersebut. Pemakaian ampelas selaku metode melenyapkan karat pada besi ini teruji lumayan jitu, lho!

Campuran garam, bubuk soda kue, serta air jeruk

Metode melenyapkan karat pada besi sesungguhnya gampang, sebagian bahannya juga bisa dengan gampang ditemui dalam keseharian kita. Bila terdapat bahan yang gampang ditemui serta dapat dimanfaatkan, semacam garam, bubuk soda kue serta air perasan jeruk, mengapa tidak dicoba saja? Kalian bakal menciptakan teknik menyingkirkan karat pada besi bila mencampurkan ketiga bahan tersebut.

Triknya yakni gabungkan separuh sendok garam, separuh sendok bubuk soda kue, serta air perasan jeruk. Diamkan kombinasi ketiga bahan tersebut selama kurang lebih 2 jam.

Sehabis itu, oleskan ke barang yang berkarat. Diamkan beberapa saat serta perhatikan karat pada besi bakal mulai memudar serta menghilang. Sesudah dirasa lumayan, bilas dengan kain kering. Metode melenyapkan karat pada besi dengan metode ini sangat jitu tanpa mengganggu barang yang dibuat dari besi tersebut.

Bahan bakar solar

Tidak hanya fungsi utama solar yang digunakan selaku bahan bakar, nyatanya solar pula dapat digunakan selaku metode menyingkirkan karat pada benda- benda berbahan besi, semacam tang, obeng, maupun perlengkapan yang lain.

Kiat melenyapkan karat pada besi dengan solar tidaklah sulit. Kalian cuma butuh merendam barang yang berkarat ke dalam wadah yang telah diisi dengan solar. Diamkan semalaman supaya terjadi reaksi terlebih dahulu. Bila dirasa telah lumayan, angkat barang tersebut dari rendaman solar.

Campuran kentang serta sabun cuci piring

Mencampurkan kentang dengan sabun cuci piring, sempat terpikirkan sebelumnya? Tampaknya 2 bahan ini bisa digunakan selaku salah satu metode menyingkirkan karat pada besi. Kentang, tidak hanya lezat buat dimakan nyatanya pula dapat dimanfaatkan buat menyingkirkan karat pada besi dengan metode yang lumayan gampang.

Potong kentang dalam sebagian bagian serta blender ataupun tumbuk sampai halus. Berikutnya, gabungkan kentang tersebut dengan sabun pencuci piring. Aduk sampai menyeluruh serta oleskan pada barang yang berkarat. Biarkan sampai beberapa waktu supaya kombinasi ketang serta sabun cuci piring menyerap sampai ke bagian karat pada besi. Sehabis itu, sikat dengan memakai spons berbahan dasar alumunium foil ataupun spons berbahan dasar kawan. Bila telah berakhir, pakai kain kering buat mensterilkan serta mengeringkannya.

Jadi setelah mengetahui cara menghilangkan karat besi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait