Cara Menyimpan Selada agar Awet Lama dan Tetap Segar, Jangan Sembarangan!
Cara menyimpan selada agar awet (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Selada merupakan salah satu sayuran yang cukup sering dikonsumsi. Namun sayuran bersifat cepat layu atau mudah membusuk sehingga perlu disimpan dengan cara yang benar. Pastinya Anda ingin selada yang ada di rumah bisa tetap segar dan awet lama agar nutrisinya tidak hilang. Lantas bagaimana cara menyimpan selada agar awet atau tahan lama, sehingga bisa dikonsumsi untuk beberapa hari. 

Selada sering dijadikan sebagai campuran beberapa menu makanan. Seringkali orang membeli sayuran ini dalam jumlah banyak sekaligus agar bisa dimasak dan dikonsumsi untuk beberapa hari. Namun sayuran terbilang sulit awet dalam waktu lama apabila penyimpanannya tidak dilakukan dengan tepat. 

Agar stok selada Anda tidak kering dan membusuk, Anda perlu tahu tips menyimpan selada agar awet dalam beberapa hari. 

Cara Menyimpan Selada agar Awet Lama

Berikut ini beberapa tips atau cara menyimpan selada yang benar agar tetap segar dan awet tahan lama:

Jangan Mencuci Selada Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Cara menjaga agar selada tetap awet, segar, dan tidak layu adalah dengan tidak mencucinya sebelum diletakkan di dalam kulkas. Sebab kelembapan pada selada dapat mempercepat proses pembusukan. Apabila selada dicuci sebelum disimpan di dalam kulkas, selada akan rentan busuk dan cepat layu. Sebaiknya selada baru dicuci  saat akan diolah atau dimasak.

Hindari Menyimpan Selada dalam Kondisi Basah

Menjaga agar selada tetap kering sangatlah penting agar sayuran ini bisa lebih awet. Ketika disimpan di kulkas, maka kesegaran selada harus diperhatikan. Sebaiknya hindari menyimpan selada dalam kondisi yang lembab atau basah. Kelembaban pada selada yang basah dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur, yang akhirnya membuat selada mudah layu dan rusak.

Membungkus Selada dengan Kertas Tisu

Cara lain untuk menyimpan selada agar tetap kering dan tidak lembab adalah dengan membungkus pakai kertas tisu. Jadi sebelum meletakkannya dalam wadah dan dimasukkan ke kulkas, sebaiknya bungkus dulu selada menggunakan kertas tisu.

Penggunaan kertas tisu bisa membantu menyerap kelembaban yang dihasilkan oleh selada, sehingga tidak cepat membusuk dan layu. Kertas tisu juga berperan dalam menjaga kesegaran selada. Namun perlu diingat bahwa kertas tisu yang digunakan harus bersih dan kering.

Disimpan dalam Wadah Kedap Udara

Menyimpan selada dalam wadah kedap udara juga cukup efektif menjaga selada tetap segar dan awet lama. Dengan wadah kedap udara, maka dapat mencegah kelembaban pada selada dan masuknya udara dari luar. 

Langkah ini penting dilakukan karena udara luar mengandung oksigen yang bisa mempercepat oksidasi pada selada dan menyebabkannya cepat layu. Selain itu, udara luar juga membawa bakteri yang dapat mempengaruhi kebersihan dan kualitas selada.

Menyimpan Bersama Es Batu atau Air Dingin

Menyimpan selada dalam suhu rendah juga membantu memperlambat proses pembusukan dan menjaga kesegarannya. Jadi Anda dapat menyimpan selada dengan menambahkan es batu atau air dingin ke dalam wadahnya.

Es batu dan air dingin membantu menjaga suhu rendah dan kelembaban di dalam wadah, sehingga selada tetap segar dan tidak mudah layu. Selain itu, tambahan es batu atau air dingin juga berperan dalam mempertahankan tekstur selada tetap renyah.

Demikianlah sejumlah tips menyimpan selada agar awet dan tetap segar meski sudah beberapa hari. Jadi jangan taruh stok selada Anda secara sembarangan karena sayuran ini bisa cepat layu, kering, dan membusuk. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.