Tanda-Tanda Anjing Stres: Kenali Beberapa Ciri-Cirinya
Tanda-Tanda Anjing Stres (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Stres merupakan kata yang umum digunakan guna mendeskripsikan perasaan tegang atau tertekan. Penyebab stres aman beragam. Mungkin Kalian stres dikarenakan pekerjaan, gugup saat bertatap muka dengan orang baru, atau cemas dikala rutinitas sehari-hari terganggu.

Demi mengurangi tingkat stres, Kalian mungkin mencari kenyamanan dengan beberapa cara. Mungkin Kalian menemukan hiburan saat ditemani teman tepercaya. Mungkin Kalian menghilangkan stres ketika disibukkan dengan tugas-tugas rutin seperti membersihkan rumah. Atau mungkin Kalian mengeluarkan tenaga dengan latihan fisik.

Anjing kita juga bisa menjadi stres. Karena kita tahu bagaimana perasaan kita terhadap stres, kita tentu ingin membantu meringankan stres hewan peliharaan kita juga. Namun, anjing kita tidak menyuarakan perasaannya, membanting telepon, atau mengamuk, jadi bagaimana kita dapat mengetahui bahwa mereka sedang stres? Tanda-tanda kecemasan pada anjing seringkali tidak kentara. Faktanya, beberapa perilaku yang berhubungan dengan stres meniru perilaku normal

Tanda-Tanda Anjing Stres

Merengek atau menggonggong. Vokalisasi adalah ekspresi diri yang normal pada anjing tetapi dapat ditingkatkan ketika mereka sedang stres. Anjing yang takut atau tegang mungkin merengek atau menggonggong untuk mendapatkan perhatian Kalian, atau untuk menenangkan diri.

Menguap, mengeluarkan air liur, dan menjilat. Anjing menguap saat lelah atau bosan, mereka juga menguap saat stres. Menguap karena stres lebih lama dan intens dibandingkan menguap dalam keadaan mengantuk. Anjing juga mungkin ngiler dan menjilat berlebihan saat gugup.

Perubahan pada mata dan telinga. Anjing yang stres, seperti halnya orang yang stres, mungkin mengalami pembesaran pupil dan berkedip cepat. Mereka mungkin membuka mata mereka sangat lebar dan menunjukkan lebih banyak sklera (putih) dari biasanya, sehingga membuat mereka tampak terkejut. Telinga yang biasanya rileks atau waspada ditempelkan ke belakang kepala.

Perubahan postur tubuh. Anjing biasanya menanggung beban yang merata pada keempat kakinya. Jika anjing sehat tanpa masalah ortopedi memindahkan berat badannya ke kaki belakang atau meringkuk, ia mungkin menunjukkan stres. Saat ketakutan, anjing mungkin juga melipat ekornya atau menjadi kaku.

Penumpahan. Perlihatkan anjing yang menjadi gugup di arena pertunjukan sering kali “meniup mantelnya”. Anjing juga banyak mengeluarkan kotoran saat berada di klinik hewan. Meskipun kurang terlihat di lingkungan luar, seperti mengunjungi taman anjing baru, kerontokan bulu meningkat saat anjing merasa cemas.

Perilaku penghindaran atau perpindahan. Saat dihadapkan pada situasi yang tidak diinginkan, anjing mungkin “melarikan diri” dengan berfokus pada hal lain. Mereka mungkin mengendus-endus tanah, menjilat alat kelaminnya, atau sekadar berpaling. Mengabaikan seseorang mungkin tidak sopan, tapi tentu saja lebih baik daripada bersikap agresif. Jika anjing Kalian menghindari interaksi dengan anjing atau orang lain, jangan memaksakan masalahnya. Hargai pilihannya.

Perilaku menyembunyikan atau melarikan diri. Sebagai perpanjangan dari penghindaran, beberapa anjing yang tegang benar-benar bergerak ke belakang pemiliknya untuk bersembunyi. Mereka bahkan mungkin mendorong pemiliknya untuk mendorong mereka untuk pindah. Sebagai cara untuk melarikan diri, mereka mungkin melakukan aktivitas pengalih perhatian seperti menggali atau berputar-putar atau menyelinap di balik pohon atau mobil yang diparkir.

Terengah-engah. Anjing terengah-engah saat kepanasan, bersemangat, atau stres. Jika anjing Kalian terengah-engah meski belum berolahraga, mungkin ia mengalami stres.

Perubahan fungsi tubuh. Seperti halnya manusia, anjing yang gugup bisa merasakan keinginan tiba-tiba untuk pergi ke kamar mandi. Saat anjing Kalian buang air kecil segera setelah bertemu dengan teman anjing barunya, ia mungkin menandai wilayahnya dan bereaksi terhadap tekanan tersebut secara bersamaan. Penolakan makan dan hilangnya fungsi usus juga merupakan indikator stres.

Jadi setelah mengetahui tanda-tanda anjing stres, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!