Waktu Terbaik Minum Infused Water Disesuaikan dengan Kondisi
Ilustrasi infused water (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Infused water kerap dikonsumsi masyarakat untuk menunjang kesehatan. Minuman ini bisa dikonsumsi terutama saat menjalankan program diet. Meski alami, mengonsumsi infus water disarankan pada saat dan waktu tertentu. Lalu, kapan waktu terbaik minum infused water?

Waktu Terbaik Minum Infused Water

Dikutip dari AI Care, Infused water adalah minuman yang berupa air putih diacampur dengan potongan buah atau bahan herbal lain. Jenis minuman ini akan memberikan rasa unik sekaligus menyehatkan. Beberapa buah yang kerap digunakan untuk infused water seperti stroberi, lemon, melon, kiwi, nanas, Apel, belimbing, dan masih banyak lagi.

Selain itu infused water juga ditambah dengan sayur seperti sledri, sawi hijau, wortel, daun lemon, dan masih banyak lagi.

Untuk megonsumsi minuman infused water masyarakat bisa memilih waktu terbaik minum infused water yang disesuaikan dengan beberapa kondisi yakni sebagai berikut.

  1. Saat Pagi Hari

Waktu terbaik mengonsumsi infus water sebenarnya tidak terpengaruh oleh apapun. Artinya minuman ini boleh dikonsumsi terutama saat pagi hari. Rasa infused water yang segar dapat meningkatkan mood sehingga aktivitas pagi hari bisa dilakukan dengan maksimal.

Tidak disarankan mengonsumsi infused water sebelum tidur karena kandungan asam berpotensi merusak gigi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus gosok gigi untuk menghilangkan asam pada gigi.

  1. Saat Perut Tidak Terlalu Kosong

Infused water dibuat dengan memasukkan potongan buah ke dalam air putih. Buah sendiri memiliki kandungan kalori dan gula alami sehingga disarankan untuk mengonsumsi buah atau infused water sebelum perut lapar atau sesidah kenyang.

Dikutip dari situs Kemenkes, saat perut terasa kenyang berarti tubuh telah cukup mendapatkan kalori dan nutris. Disarankan untuk minum infused water saat perut tidak terlalu kosong agar tidak kembung.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi infused water saat perut kosong karena asam pada buah berpotensi mengiritasi lambung.

  1. Setelah Olahraga

Infused water memiliki rasa yang segar sehingga mengonsumsinya sehabis berolahraga cukup disarankan. Selain menghilangkan dahaga, infused water membantu mengganti cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat. Namun perlu diperhatikan porsinya agar perut tetap nyaman dan kegiatan olahraga bisa dilanjutkan kembali.

  1. Saat Tak Enak Badan

Kandungan vitamin C dalam buah membantu memperbaiki imun tubuh yang sedang turun sehingga mengonsumsi minuman tersebut saat tak enak badan bisa menunjang imun tubuh. Meski demikian, peningkatan kekebalan tubuh tetap tidak berdampak besar dibanding saat Anda makan buah atau sayuran segar.

  1. Saat Diet

Pelaku diet biasanya akan menghindari minuman yang mengandung gula. Oleh karenanya mereka akan mengganti minuman tersebut dengan infused water yang lebih alami tanpa harus mengurangi gula secara ekstrem. Biasanya pelaku diet akan mengonsumsi infused water dengan irisan lemon untuk memperlancar pembakaran lemak.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya disebabkan karena aktivitas fisik saja, namun karena cuaca. Mengonsumsi infused water juga membantu meningkatkan cairan tubuh. Akan tetapi infused water tidak banyak membantu saat dehidrasi akud yang membutuhkan penanganan medis secara profesional.

Itulah informasi terkait waktu terbaik minum infused water. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.