8 Cara Detoks Paru-paru untuk Membersihkan Racun di Dalam Organ
Detoks paru paru (Freepik/highendgraphics)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi menyaluran oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida. Sebagai organ pernapasan utama, maka kesehatan paru-paru perlu dijaga atau proses detoksifikasi. Lantas bagaimana cara detoks paru-paru?

Paru-paru bisa menjadi tidak sehat atau kotor karena berbagai paparan yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu, asap rokok, hingga bakteri. Apabila organ ini kotor maka bisa menyebabkan berbagai masalah pernapasan, seperti asma, bronkritis, hingga iritasi atau peradangan paru-paru. 

Oleh karena itu paru-paru perlu dibersihkan agar terhindar dari berbagai penyakit pernapasan. Cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan detoksifikasi atau proses pembuangan toksin. Bagaimana cara detoks paru-paru yang perlu Anda terapkan?

Cara Detoks Paru-Paru

Detoks paru-paru adalah proses pembersihan racun atau toksin yang menempel di dalam organ ini. Berikut ini beberapa cara detoks paru-paru yang bisa Anda lakukan dengan mudah. 

Berhenti Merokok

Merokok dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel pada paru-paru. Jika kondisi ini terjadi, maka seseorang berpotensi terkena penyakit seperti PPOK dan bahkan kanker paru.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semakin cepat seseorang berhenti merokok, semakin besar peluang paru-paru untuk kembali pulih atau sehat. Jadi risiko munculnya penyakit di paru-paru menjadi lebih rendah.

Menghindari Paparan Polusi

Serupa dengan dampak asap rokok, terpapar polusi secara berulang dapat mengakibatkan paru-paru menjadi terkontaminasi dan rusak. Paparan polusi bisa datang dari berbagai hal, mulai dari debu, asap kendaraan, hingga asap rokok. Apabila Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk, sebaiknya menggunakan masker untuk melindungi kesehatan paru-paru.

Menggunakan Alat Pembersih Udara

Cara lain detoks paru-paru yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan alat pembersih udara di dalam rumah. Dengan memakai alat ini maka dapat membantu membersihkan dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Udara yang dihirup di rumah pun menjadi lebih bersih karena alat tersebut menyaring partikel-partikel kotoran.

Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan fungsi paru-paru. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang, Berbagai kegaitan kardiovaskular tersebut memang terbukti bermanfaat bagi paru-paru. 

Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Membersihkan paru-paru dapat juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Ada berbagai buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan memiliki sifat antiradang yang dapat melindungi paru-paru dan mengurangi risiko kerusakan organ.

Penuhi Asupan Vitamin D

Pengaturan pola makan tertentu juga bisa berdampak pada kesehatan paru-paru. Salah asupan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah mengonsumsi vitamin D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan asupan vitamin D yang cukup maka mampu mengurangi keparahan seseorang yang menderita asma.

Sering Menghirup Udara Segar di Alam

Meski terkesan sepele, namun ternyata menghirup udara segar di alam juga bermanfaat baik bagi paru-paru. Cara ini dapat mendukung perluasan jaringan paru-paru dan menjaga fungsinya agar tetap optimal. Namun pastikan udara di tempat yang Anda kunjungi memiliki kualitas yang baik.

Menjalani Terapi Uap

Terapi uap adalah metode lain untuk membersihkan lendir di paru-paru dan saluran pernapasan. Cara melakukannya yakni dengan merebus air hingga panas, kemudian menghirup uapnya. Selain itu, terapi uap juga bisa dijalankan dengan mandi air hangat.

Demikianlah beberapa cara detoks paru-paru yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan organ pernapasan utama tersebut. Dengan membersihkan paru-paru, maka Anda bisa terhindar dari berbagai masalah pernapasan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.