Pantangan Makanan Penderita ISPA Agar Tidak Terjadi Iritasi di Tenggorokan
Ilustrasi ISPA (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah gangguan kesehatan berupa infeksi yang terjadi di saluran pernapasan. Saat Anda diserang ISPA, ada baiknya segera ke dokter dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pasien bisa memperhatikan pantangan makanan penderita ISPA.

Pantangan Makanan Penderita ISPA

Pasien penderita ISPA diharuskan untuk istirahat cukup dan banyak mengonsumsi air mineral. Selain itu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C. Pasien juga dianjurkan untuk memperhatikan pantangan makanan penyakit ISPA, yakni makanan yang berpotensi menambah iritasi di tenggorokan. Beberapa jenis makanan dan Minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat menderita ISPA adalah sebagai berikut.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas berpotensi untuk mengiritasi tenggorokan sehingga perlu dihindari oleh pasien ISPA. Efeknya akan semakin parah jika pasien tersedak makanan pedas hingga menimbulkan rasa nyeri. Efek pedas pada makanan baik pada cabai at yang au merica lebih baik dihindari sementara untuk menghindari terjadinya iritasi di area tenggorokan.

  1. Makanan Berminyak

Gorengan atau makanan berminyak lain sangat tidak dianjurkan untuk pasien ISPA. Pasalnya, minyak berpotensi menjadikan tenggorokan gatal dan radang hingga memperburuk ISPA. Disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang tidak melibatkan minyak goreng terlalu banyak. Contoh makanan yang digoreng adalah kentang goreng, tempe goreng, dan sebagainya.

  1. Minuman Bersoda Dingin

Jenis minuman ini secara keseluruhan memang tidak terlalu baik untuk tubuh, sama halnya jika dikonsumsi oleh pasien ISPA. Minuman berkarbonasi dingin dapat memicu nyeri di tenggorokan. Usahakan untuk menyembuhkan dahaga dengan air putih.

  1. Makanan dengan Gula

Makanan yang mengandung terlalu banyak gula memicu batuk sehingga tidak disarankan mengonsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan saat menderita ISPA. Sebagai gantinya, pasien bisa mengonsumsi buah yang rasanya manis seperti mangga, semangka, dan sebagainya.

  1. Minuman dengan Pemanis Buatan

Selain makanan, disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung gula buatan. Saat ini ada banyak minuman yang menggunakan pemanis buatan. Zat tersebut ikut menyumbang penumpukan lemak dan berpotensi memicu iritasi di tenggorokan. Contoh minuman dengan pemanis buatan adalah teh kotak, soda, boba, dan sebagainya.

  1. Makanan yang Terlalu Asam

Hindari sementara makanan yang rasanya terlalu asam seperti belimbing atau cuka pada empek-empek. Jenis makanan tersebut juga berpotensi mengiritasi tenggorokan dan memperpanjang masa pengobatan ISPA.

  1. Makanan yang Terlalu Panas dan Dingin

Meski ISPA disebabkan karena virus, makanan yang terlalu panas dan dingin lebih baik dihindari demi mencegah radang tenggorokan. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tingkat dingin dan hangatnya normal.

  1. Makanan dengan Penyedap Rasa Berlebihan

Pasien ISPA disarankan untuk tidak jajan sembarangan karena penggunaan penyedap rasa pada makanan tidak bisa dipastikan. Makanan berpenyedap rasa berlebihan secara umum tidak baik dikonsumsi, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Makanan Tidak Higienis

Disarankan untuk mencuci bahan makanan yang dibeli dari luar, baik itu pasar tradisonal maupun supermarket. Makanan tidak higienis tidak hanya berpotensi menularkan virus penyebab ISPA namun juga memperburuk kondisi pasien.

Itulah informasi terkait pantangan makanan penderita ISPA. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait