Banyak Habiskan Waktu di Luar Ruangan untuk Relaksasi, Ini 7 Manfaatnya
Ilustrasi manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kalau Anda bekerja di dalam ruangan dalam sepekan, saatnya banyak menghabiskan waktu di luar ruangan saat akhir pekan. Menurut penelitian, minimal dua jam selama seminggu menghabiskan waktu di alam terbuka seperti taman kota, hutan, dan pantai, melaporkan kesehatan dan kesejahteraan lebih baik. Lebih spesifik lagi, berikut manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan.

1. Lebih bersemangat

Ketika Anda berolahraga teratur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bisa bermanfaat meningkatkan kesehatan otak, tulang, dan otot. Serta juga bisa membantu manajemen berat badan. Namun ternyata, menurut tinjauan pada 11 penelitian, menunjukkan bahwa peserta yang mengikuti penelitian tersebut merasa lebih bersemangat untuk berolaraga kalau dilakukan di luar ruangan dibandingkan di dalam ruangan.

2. Membantu mengurangi stres

Mengelola stres perlu dilakukan untuk kehidupan yang sejahtera. Alih-alih menghindarinya, Anda bisa mengeksplorasi cara untuk relaksasi, termasuk berjalan di luar ruangan. Rekomendasi ini didukung bukti yang ditemukan penelitian kecil yang membandingkan tingkat stres sebelum dan sesudah jalan-jalan di luar ruangan.

manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan
Ilustrasi manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan (Freepik/marymarkevich)

3. Membantu mengurangi penurunan kognitif

Penelitian yang diterbitkan Social Science & Medicine pada 2018, menunjukkan bahwa jalan-ajalan ke taman dikaitkan dengan penuaan kognitif yang sehat dan menurunnya risiko penurunan kognitif. Para peneliti mencatat manfaat mengakses taman luar ruangan sangat kuat di kalangan wanita, mereka yang memiliki faktor risiko genetik untuk penurunan kognitif, dan mereka yang memiliki status sosial ekonomi lebih rendah.

4. Membantu paru-paru berfungsi lebih baik

Udara bersih dan segar berkontribusi dalam menjaga kesehatan paru-paru. Penelitian dilansir EverydayHealth, Jumat, 11 Agustus, meneliti anak-anak yang tumbuh di perumahan yang luas ruang hijau. Hasilnya, mereka memiliki paru-paru dengan fungsi lebih baik pada usia 24 tahun daripada mereka yang tidak tinggal di sana.

5. Meningkatkan kadar vitamin D

Kalau berada di luar ruangan saat matahari sedang hangat atau pagi hari, bisa membantu meningkatkan kadar vitamin D tubuh. Vitamin ini membantu fungsi otot, saraf, dan system kekebalan tubuh. Penting diketahui, vitamin D juga bermanfaat membantu penyerapan kalsium untuk tulang lebih kuat.

manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan
Ilustrasi manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan (Freepik)

6. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi meneliti tentang praktik shrinrin-yoku atau ‘mandi hutan’ di Jepang. Peserta diminta menghabiskan waktu di lingkungan hutan. Hasil penelitian ini melapirkan tekanan darah sistolik dan diatolik para peserta jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak menghabiskan waktu di hutan yang sejuk dan segar.

Demikian pula, penduduk kota yang rutin mengunjungi area hijau setidaknya 30 menit seminggu sekali. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidak, menurut sebuah penelitian di Australia.

7. Berpikiran lebih positif

Jika Anda menikmati suara alam seperti halnya pemandangan, mungkin ada alasan ilmiah untuk itu. Suara alam, ternyata dapat membantu meningkatkan suasana hati dan peningkatan pengaruh positif seperti kegembiraan, kepuasan, dan keceriaan.

Para peneliti yang penelitiannya diterbitkan dalam Ilmu Lingkungan tahun 2021, menemukan bahwa suara Binatang, suara angin, dan suara air dikaitkan dengan penurunan tingkat stres dan merasakan kegembiraan lebih besar. Selain itu juga bermanfaat mengurangi rasa sakit serta meningkatkan kinerja kognitif.

Dari ketujuh manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan, maka bisa menjadi alasan Anda meluangkan waktu berjalan-jalan di lingkungan terbuka yang udaranya bersih. Sudah menentukan ke mana destinasi akhir pekan nanti?