Derita Diabetes, Berat Badan Panji Petualang Turun Hingga 30 Kilogram
Panji Petualang. (Instagram @panjipetualang_real)

Bagikan:

JAKARTA - Muhammad Panji yang lebih dikenal publik dengan nama Panji Petualang terlihat berbeda dari sebelumnya. Perawakannya terlihat jauh lebih kurus.

Panji mengatakan bahwa berat badannya saat ini memang turun drastis akibat penyakit diabetes yang diderita. Ia mengaku tahu penyakitnya itu sebelum puasa Ramadhan tahun ini

“Pas kena diabetes itu sebelum Ramadhan. Cuma karena dilepas gitu pikirannya, akhirnya ya tetap sehat, cuma gampang lemas, aktivitas sejam atau dua jam sudah langsung lemas,” ungkap Panji Petualang di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Jumat, 11 Agustus.

Karena penyakit yang diderita, Panji mengaku berat badannya turun hingga 30 kilogram dalam kurun waktu kurang lebih lima bulan.

“Turun 30 kg dari Ramadhan. Awalnya berat badan 95, sekarang jadi 65,” kata Panji.

Namun begitu, Panji merasa kondisinya masih dalam keadaan yang cukup baik. Saat ini ia menjalani pengobatan medis dan alternatif.

“Alhamdulillah sekarang lebih baik, lebih sehat, karena banyak banget yang sayang, yang doain, banyak banget yang support. Aku juga ikhtiar pengobatan baik medis maupun alternatif. Itu kita jalani, karena memang semangat sembuhnya masih tinggi,” tutur Panji.

“Cuma kalau untuk badan, itu yang membuat aku drop mental. Jadi, diabetes ini kalau kata dokter nggak terlalu mengerikan. Tapi itu yang bikin yang tadinya gemuk tiba-tiba kurus,” sambungnya.

Saat ini, Panji secara rutin mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter. Di sisi lain, ia juga menggunakan jamu-jamuan tradisional

“Ada (minum obat), pagi dan sore dari dokter. Konsumsi jamu dan herbal juga, ada yang dilulur dan digosok. Saya nggak tau sih itu jamunya apa aja, cuma yang pasti rempah,” katanya.

Untuk menghilangkan stres karena harus rutin berobat dan minum obat setiap hari, Panji merasa apa yang dilakukannya saat ini sebagai sesuatu yang lumrah dan bisa terjadi pada siapa pun.

“Nggak capek sih, toh memang divonis buat minum obat setiap hari. Ya saya mikirnya gini, emang orang nggak pernah sakit ya? Kan pasti. Makanya ya anggap saja kalau setiap hari minum obat itu ya minum vitamin,” tandas Panji Petualang.