Kesalahan Umum yang Paling Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka
Ilustrasi Membersihkan Wajah (Sora Shimazaki/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mencuci muka menjadi salah satu rutinitas sehari-hari. Minimal, seorang wanita mencuci mukanya sekitar 2 hingga 3 kali sehari. Saking seringnya, terkadang rutinitas ini membuat diri melupakan hal-hal penting dalam menjaga kebersihan wajah.

Jika Anda sudah mengikuti rekomendasi tata cara membersihkan wajah seperti menggunakan micellar water, sabun cuci muka, lalu toner tapi kulit muka masih saja bermasalah, maka kemungkinan Anda melakukan kesalahan umum di bawah ini:

Menggunakan handuk yang sama dengan handuk badan

Kulit wajah merupakan bagian kulit tubuh paling sensitif. Jika selama ini Anda menggunakan handuk badan untuk mengeringkan wajah, ada kemungkinan bakteri-bakteri yang sebelumnya berada di tubuh dapat berpindah ke wajah seiring Anda menyeka wajah dengan handuk tersebut. Bakteri ini bisa memicu timbulnya jerawat!

Membilas wajah dengan air hangat

Air hangat memiliki kecenderungan membuka pori-pori dan membuatnya menjadi lebih terlihat. Selain itu, air hangat lebih berpotensi membuat kulit kering dibandingkan dengan air dingin. Basuh wajah dengan air hangat sebelum menggunakan sabun cuci muka, sehingga kulit siap untuk deep cleansing, tapi selalu bilas wajah dengan air suhu ruangan atau air dingin setelahnya untuk menutup kembali pori-pori.

Sering eksfoliasi

Eksfoliasi memang bisa membersihkan wajah secara mendalam. Namun, sebaiknya tidak Anda lakukan tiap hari. Penggunaan produk eksfoliasi berlebihan akan menyebabkan iritasi kulit dan mengupas nutrisi natural di lapisan kulit luar. 

Apalagi jika eksfoliasi menggunakan produk dengan kandungan AHA/DHA, bisa-bisa kulit Anda jadi kering dan tipis terutama jika Anda punya kulit sensitif justru dapat menimbulkan jerawat.

Tidak mencuci tangan sebelumnya

Sebelum mencuci wajah, pastikan tanganmu harus bersih dari bakteri terlebih dahulu. Sebab hal kecil yang jarang diperhatikan bisa berubah menjadi hal besar nantinya.

Melupakan toner dalam ritual

Terkadang, sebagian wanita masih meragukan manfaat dari toner. Padahal, toner merupakan salah satu produk magis yang melakukan apa yang tidak dilakukan oleh sabun cuci muka. Toner membantu menetralkan dan menenangkan wajah, menyingkirkan residu, serta memberikan banyak khasiat baik bagi wajah yang akan membuat wajah terlihat lebih sehat dan bersinar.

Menunda penggunaan skincare

Biasanya, setelah mencuci muka seseorang akan memberi jeda sekitar 5 hingga 10 menit sebelum mengaplikasikan produk skincare ke wajah. Rupanya, menurut peraturan rahasia kecantikan wanita Korea, produk perawatan wajah harus diaplikasikan 10 detik setelah mencuci muka. Karena kondisi kebersihan wajah sedang optimal dan akan mengunci hidrasi lapisan luar dengan baik.