Kenapa Anak Susah Mandi? Temukan 5 Alasannya di Sini
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Joko_Narimo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membujuk anak agar mau mandi tanpa harus membuat keributan bukanlah perkara mudah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab kenapa anak susah mandi agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika menyuruh anak membersihkan diri.

Kenapa Anak Susah Mandi?

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat sejumlah alasan mengapa anak susah mandi, di antaranya:

  1. Suhu air terlalu panas atau terlalu dingin

Suhu air yang terlalu panas atau terlalu dingin ternyata dapat membuat anak enggan membersihkan diri.

Menurut Parenting FirstCry, apabila anak-anak mandi dengan air yang suhunya sangat berbeda dari suhu tubuhnya, air itu bisa terasa sakit di kulit.

Jika hal ini terjadi berulang kali, anak tidak akan mau mandi karena merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melibatkan anak ketika menentukan suhu air sebelum meminta mereka membersihkan diri setelah beraktivitas seharian.

  1. Takut mata terkena sabun atau sampo

Sabun atau sampo yang masuk ke mata ternyata bisa menjadi pengalaman yang menakutkan bagi si kecil. Pasalnya, sabun atau sampo yang masuk ke mata anak-anak itu dapat menyebabkan penglihatan mereka dan membuat mata pedih.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa menggunakan segala sesuatu mulai daripelindung mata, kaca mata, waslap, dan sejenisnya.

Setelah si kecil melihat beberapa sesi mandi mereka tidak ada kejadian sabun atau sampo jatuh di mata, maka mereka mungkin akan lebih mau untuk disuruh mandi.

  1. Mengganggu waktu bermain

Salah satu hal yang tak disukai anak adalah diminta untuk mandi saat sedang asik bermain. Bagi anak, berhenti bermain hanya untuk mandi dapat mengakhiri kesenangannya, dan ini dapat menimbulkan kebencian.

Dikutip dari Child Mind Institute, anak-anak bisa memiliki masalah dengan transisi. Faktanya, semua orang memiliki masalah dengan transisi. Namun, karena orang dewasa menyadari bahwa hal-hal yang harus dilakukan lebih penting daripada hal-hal yang dilakukan hanya untuk tujuan kesenangan, mereka bisa lebih dewasa tentang perubahan.

Sedangkan anak-anak, belum mencapai tingkat kedewasaan ini dan yang mereka lihat hanyalah kesenangan mereka akan segera berakhir.

Solusinya, orangtua perlu mempertimbangkan untuk memberi anak-anak hitungan mundur ketika mereka harus berhenti bermain untuk mandi.

Dengan begitu, waktu bermain dapat diselesaikan dan anak-anak tidak merasa seperti sedang lengah ketika diberitahu bahwa mereka harus segera menghentikan aktivitas bermain untuk mandi.

  1. Punya masalah sensorik

Masalah sensorik bisa menjadi penyebab kenapa anak susah mandi. Masalah sensorik bisa dsatsang dalam berbagai bentuk. Baik itu suara air, rasa kain lap, bau sabun, dan banyak lagi yag harus ditsangani oleh pancara indera.

Menyadur Today’s Parent, salah satu cara untuk mengatasi masalah sensorik agar anak tidak membenci mandi adalah dengan memahami apa yang membuat si kecil tidak ingin berada di bak mandi atau pancuran.

Cara ini membuat orang tua tidak mengekspos anak-anak pada hal-hal yang memicu masalah sensorik yang mungkin mereka miliki dan membuat mereka lebih nyaman ketika mandi.

  1. Merasa mempunyai kontrol atas dirinya

Seiring bertambahnya usia si kecil, mereka akan semakin mengembangkan kemampuan dalam mengambil keputusan. Karena merasa mempunyai kontrol atas dirinya, anak-anak akan menolak untuk mandi tanpa alasan yang jelas.

Oleh sebab itu, jangan memaksa si kecil ketika susah diajak mandi. Ini hanya akan semakin memperburuk rasa takut dan traumanya. Berikan anak-anak wakti dan peluklah sembari berusaha untuk menenangkannya.

Demikian informasi tentang kenapa anak susah mandi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.