Batas Makan Malam untuk Diet supaya Cepat Langsing, Awas Jangan Kebablasan!
Ilustrasi batas makan malam untuk diet (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan atau ingin mendapatkan tubuh yang lebih langsing. Menjalani diet tidak hanya soal membatasi porsi dan memilih asupan makanan. Namun Anda juga perlu memperhatikan jam makan, terutama pada malam hari. Lantas bagaimana batas makan malam untuk diet?

Mengatur pola makan merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet. Banyak orang meyakini ada waktu-waktu tertentu untuk makan supaya diet bisa lebih maksimal. Secara biologis, waktu makan memang berkaitan dengan ritme sirkadian yang berhubungan dengan metabolisme tubuh hingga potensi obesitas. 

Penting bagi orang yang sedang diet untuk memperhatikan jam makan malam. Bukan berarti Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pada malam hari. Namun ada batas makan malam untuk diet yang harus Anda pahami. 

Batas Makan Malam untuk Diet

Makan malam tetap dibutuhkan untuk mengisi energi dan asupan nutrisi pada tubuh. Namun bagi orang yang menjalani program diet, hal yang penting diperhatikan adalah kapan waktunya makan malam. 

Ada rekomendasi jam makan malam yang baik supaya program menurunkan berat badan bisa berjalan maksimal. Saat Anda tengah melakukan diet, sebaiknya jangan makan larut malam. Makan di jam-jam terlalu malam justru bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan kenaikan berat badan. 

Makan larut malam justru berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sebab pada waktu malam, tubuh mengalami resistensi insulin atau ketidakmampuan dalam mengolah gula darah. 

Menurut pakar kesehatan, makan malam yang ideal yakni dilakukan sebelum jam 8 malam. Studi lain menyarankan agar batas waktu makan malam untuk program diet yakni dilakukan sekitar dua hingga tiga jam sebelum tidur. 

Membatasi waktu makan pada malam hari juga dapat mencegah nafsu untuk ngemil. Dengan begitu Anda juga bisa membiarkan tubuh melakukan pembakaran kalori sebelum tidur. Selain itu, organ pencernaan juga bisa bekerja dengan baik sehingga Anda dapat tidur dengan mudah dan nyenyak. 

Dengan memiliki tidur yang berkualitas maka juga bisa mengurangi lemak hingga 55 persen. Selain itu, rasa lapar juga bisa ditekan sehingga Anda masih merasa kenyang saat menjelang tidur. 

Cara Mengatur Waktu Makan Malam

Untuk bisa menerapkan batas waktu makan malam, Anda perlu mengatur pola makan. Berikut ini tips atau cara mengatur waktu makan malam yang bisa Anda lakukan. 

  • Mengetahui kapan merasa lapar
  • Membatasi porsi makan yang sesuai kebutuhan program diet
  • Berhenti makan saat Anda sudah merasa kenyang

Apabila Anda masih kesulitan disiplin dalam menjalani pola makan malam, maka sebaiknya fokus pada jenis makanan yang dikonsumsi. Pilih makanan bernutrisi seperti sayuran, buah, dan protein tanpa lemak.

Ada versi studi lain yang menunjukkan bahwa waktu makan malam yang tepat untuk program diet adalah pada jam 5 sore. Semakin awal batas waktu makan malam maka penurunan berat badan juga lebih maksimal karena menyelaraskan jam internal tubuh. 

Demikianlah ulasan mengenai batas makan malam untuk diet. Supaya program penurunan berat badan Anda bisa cepat atau maksimal, maka Anda harus menjaga pola makan di waktu malam. Makan malam di waktu yang tepat juga memiliki sejumlah manfaat lainnya, mulai dari mencegah peradangan dan mengurangi tingkat stres serta kecemasan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.