Supaya Tetap Segar dan Awet Muda, Begini 6 Kiat Efisien dalam Merawat Kulit
Ilustrasi kiat efisien dalam merawat kulit (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Merawat kulit secara efisien berarti menjalankan secara tepat, tidak boros, dan hemat tenaga serta waktu. Berdasarkan kiat dari dokter kulit, Anda bisa merawat kulit dengan cara yang efisien berikut ini.

1. Gunakan produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan kulit

Banyak sekali produk skincare yang mengklaim bisa mencapai berbagai tujuan, seperti anti penuaan dan tetap segar. Untuk merawat kulit, pada dasarnya tidak perlu menghabiskan banyak dana dan waktu. Hanya saja Anda harus tahu kebutuhan kulit sesuai dengan kondisi kulit. Sebelum menggunakan banyak produk, pertimbangkan dahulu apa jenis kulit Anda, apakah berminyak, kering, normal, kombinasi, atau sensitif. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan, cari tahu formula produk yang sesuai. Selanjutnya, pilih produk tepat yang diformulasikan untuk kebutuhan kulit Anda.

2. Selalu pakai tabir surya

Setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan, pakailah selalu tabir surya. Tabir surya adalah hal yang bisa diupayakan dan menjaga kulit tetap terlihat awet muda. Dengan memakai tabir surya, Anda juga telah menjaga kulit mencegah terkena kanker kulit. Penting diketahui, semakin intens terpapar cahaya matahari semakin berpotensi terkena kanker kulit. Maka pilihlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi yang menawarkan spektrum luas. Namun, sesuai rekomendasi American Academy of Dermatology Association, tabir surya hanya boleh dipakai anak-anak setelah berusia 6 bulan ke atas.

kiat efisien dalam merawat kulit
Ilustrasi kiat efisien dalam merawat kulit (Freepik/Anastasia Kazakova)

3. Jangan merokok

Merokok dapat mempercepat penuaan kulit. Bagi perokok, luka pada kulit juga akan lebih lama sembuh. Penelitian dilansir laman American Academy of Dermatology Association, Rabu, 26 Juli, merokok dapat memperburuk beberapa penyakit kulit, termasuk psoriasis dan hidradenitis supurativa.

4. Periksa kulit untuk mendeteksi kanker kulit lebih awal

Pemeriksaan kulit bisa dilakukan secara mandiri. Untuk itu, selalu identifikasi kalau muncul bintik yang berbeda daripada yang lain. Apalagi kalau diikuti gatal dan berdarah, segeralah buat janji dengan dokter kulit supaya segera terdeteksi kalau mengalami kondisi tertentu.

5. Jangan menggosok kulit

Menggosok kulit saat membersihkan keringat atau mengeropek jerawat, jangan dilakukan. Karena menggosok kulit dapat mengiritasi. Artinya, tahan keinginan memencet atau menggosok. Lebih baik, periksakan ke dokter dan mendapat resep skincare yang dapat mengatasi keluhan Anda.

kiat efisien dalam merawat kulit
Ilustrasi kiat efisien dalam merawat kulit (Freepik)

6. Cuci muka saat bangun dan sebelum tidur

Di samping perlu rutin, mencuci muka saat bangun dan sebelum tidur, penting juga mencuci muka setelah aktivitas berkeringat. Ini bertujuan mengangkat kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Selain juga mengangkat bersih sisa makeup usai beraktivitas.

Rawat kulit secara lembut juga penting dilakukan selain enam kiat merawat kulit di atas. Pilih sabun pembersih yang lembut dan ringan. Cara membersihkan kulit pun, juga perlu dilakukan dengan penuh kelembutan. Kiatnya, oleskan pembersih dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Kemudian akhiri dengan membilas bersih secara menyeluruh. Ditambah lagi, ambillah langkah untuk mengelola stres yang membantu kulit tetap segar dan anti penuaan. Ini juga penting dilakukan orang dengan kulit sensitif, berjerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea supaya tidak kambuh.