10 Cara Menggunakan Kopi untuk Perawatan Kecantikan Tubuh, Pria dan Wanita Boleh Coba
Ilustrasi (KoolShooters/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kopi bukan hanya minuman pagi yang bisa menambah semangat tetapi juga bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam rutinitas kecantikan. Sifat alaminya mampu memberikan banyak manfaat bagi kulit dan rambut. Berikut adalah 10 cara menggunakan kopi dalam rutinitas kecantikan harian.

Scrub eksfoliasi

Dinukil dari Times of India, Selasa, 25 Juli, kopi bisa dimanfaatkan sebagai bahan scrub untuk eksfoliasi tubuh. Caranya, campurkan tiga sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Aduk hingga berbentuk pasta. Pijat perlahan pada wajah atau badan untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya.

Eye de-puffer

Jika kantung mata Anda terlihat membesar akibat kurang tidur, gunakan kopi sebagai langkah dasar perawatan. Oleskan kopi seduh dingin di bawah mata menggunakan kapas atau kain bersih. Kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam, membuat Anda terlihat segar.

Perawatan selulit

Ciptakan scrub perawatan selulit dari kopi dengan mengkombinasikan bubuk kopi dengan beberapa tetes air hangat. Setelah teksturnya berubah seperti lulur, oleskan dan pijat perlahan lulur kopi pada area yang terdapat selulit. Kafein pada kopi berfungsi mengencangkan dan menghaluskan tampilan kulit.

Eksfoliasi rambut

Campurkan bubuk kopi dengan produk sampo yang biasa Anda gunakan dan pakailah untuk mengeksfoliasi kulit kepala. Ini bisa bantu Anda menghilangkan sisa produk dan sel kulit mati, serta membuat kulit kepala dan rambut lebih sehat.

Stimulan kulit kepala

Seduh secangkir kopi kental dan biarkan dingin. Gunakan sebagai pembilas kulit kepala setelah keramas untuk merangsang folikel rambut dan menambah kilau pada rambut Anda. Aplikasikan metode ini dan eksfoliasi rambut dengan kopi secara terpisah.

Penambah warna rambut

Seduh satu teko kopi kental dan biarkan dingin. Bilas rambut Anda dengan kopi dingin untuk menyempurnakan warna rambut cokelat dan menambah highlight alami. Untuk hasil maksimal, lakukan metode ini sekitar dua hingga tiga kali.

Pembungkus tubuh anti selulit

Campur bubuk kopi dengan air hangat dan sedikit minyak zaitun untuk membuat pasta. Oleskan ke area dengan selulit dan bungkus dengan bungkus plastik. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum membilasnya di kamar mandi.

Masker wajah

Buat masker wajah dari kopi dengan mencampurkan bubuk kopi dengan madu atau plain yogurt. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas. Masker kopi ini membantu mengencangkan kulit wajah dan memperbaiki tekstur kulit.

Eksfoliasi tangan

Campurkan kopi bubuk dengan sedikit virgin coconut oil untuk digunakan sebagai eksfoliasi tangan. Kedua bahan ini berfungsi mengangkat sel kulit mati dan memberikan kesan halus serta lembut pada tangan Anda.

Rendaman kaki

Tambahkan kopi yang diseduh ke rendaman kaki untuk membantu menenangkan kaki yang lelah dan mengurangi bau. Sifat alami dari kopi dapat menyegarkan dan meremajakan kaki Anda.