7 Tips Mencerahkan Mata Panda dengan dengan Bahan Alami, Enggak Perlu Skincare Mahal
Ilustrasi (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Lingkaran hitam atau mata panda di bawah kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain genetik, kurang tidur, stres, dan dehidrasi. Meskipun penggunaan bahan alami mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan lingkaran hitam. Tapi bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi tampilan gelap yang mengganggu.

Dilansir dari Times of India, Jumat, 21 Juli, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di dapur rumah yang efektif membantu meringankan tampilan mata panda.

Irisan mentimun

Tutup mata dan letakkan irisan mentimun dingin di area mata hingga menutupi lingkaran hitam di bawah mata Anda. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Mentimun memberikan sensasi dingin pada kulit dan bantu meredakan bengkak serta mencerahkan kulit.

Irisan atau jus kentang

Sama dengan mentimun Anda juga bisa menggunakan irisan kentang atau kentang parut sebagai alternatif bahan mencerahkan mata panda. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit sebelum dibilas. Kentang memiliki senyawa khusus yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Jus tomat

Campurkan satu sendok teh air perasan tomat dengan beberapa tetes air perasan lemon. Aplikasikan air campuran tersebut ke area gelap di bawah mata Anda dan diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas. Tomat mengandung antioksidan tinggi yang mampu membantu mencerahkan kulit.

Teh hijau

Seduh dua kantung teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, lalu letakkan dalam kulkas hingga kantung tersebut mendingin. Taruh kantung yang sudah dingin di sekitar area kantung mata yang menggelap sambil memejamkan mata. Tunggu hingga 15 menit untuk hasil terbaik.

Susu dan bubuk kunyit

Campurkan sejumput kunyit bubuk dengan beberapa tetes susu hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke area mata panda Anda. Diamkan selama 10 hingga 15 menit di mata lalu bilas hingga bersih. Lakukan prosedur ini sekitar dua hingga tiga kali seminggu.

Minyak almond

Tuangkan beberapa tetes minyak almond ke area bawah mata Anda yang menghitam lalu pijat perlahan area tersebut. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur. Minyak almond mengandung vitamin E dan K yang dapat membantu meningkatkan tampilan kantung mata gelap seiring waktu.

Air mawar

Sudah banyak manfaat air mawar di dunia kecantikan, khususnya untuk mencerahkan bawah mata yang gelap. Caranya mudah. Anda hanya perlu merendam kapas di air mawar lalu letakkan di area mata hingga menjangkau bawah mata Anda. Diamkan selama 10-15 menit. Air mawar memiliki sifat menghaluskan sehingga mampu membantu meredakan bengkak dan menyegarkan kulit.

Kompres susu dingin

Rendam kapas pada susu yang dingin dan taruh kapas tersebut di mata Anda sekitar 10 sampai 15 menit. Tahukah Anda? Susu mengandung senyawa asam laktat yang bisa bantu eksfoliasi dan mencerahkan kulit.

Nah, sudah tahu kan bahan-bahan apa saja yang efektif mengembalikan kecerahan kulit di bawah mata? Anda pilih bahan yang mana, nih?