Kandungan <i>Skincare</i> untuk Menghilangkan Flek Hitam
Ilustrasi Skincare (Polina Tankilevi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sangat banyak pilihan untuk merawat wajah dan menghilangkan flek hitam. Namun, sepertinya sulit untuk menemukan cara pertama yang harus dilakukan untuk memulai perawatan flek hitam.

Dilansir dari Self, beberapa dokter mengungkapkan tentang cara penangan flek hitam. Biasanya dimulai dengan mencari penyebabnya kemudian mencari produk untuk menyamarkan serta menghilangkan flek hitam.

Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda harus memahami kandungan skincare tepat yang ampuh menghilangkan flek hitam. Apa saja kandungannya? Berikut informasinya.

Hidrokuinon

Hidrokuinon telah menjadi standar sekitar 50 tahun dalam perawatan flek hitam. Hidrokuinon bekerja menghambat enzim tirosinase yang membantu produksi melanin.

Dalam beberapa kasus, efek hidrokuinon dapat terlihat hanya dalam dua minggu. Namun, sebagian besar penggunaanya sekitar 8-12 minggu tergantung berbagai faktor.

Hidrokuinon dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan dan rasa terbakar. Ini menandakan reaksi alergi terhadap bahan tersebut. Sebelum menggunakan produk dengan kandungan hidrokuinon, sebaiknya konsultasi dulu dengan ahlinya.

Vitamin C

Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan untuk membantu menghalangi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada wajah. Hal tersebut juga akan menghambat proses enzimatif yang menghasilkan melanin pada kulit sehingga dapat mengurangi warna gelap pada kulit. Vitamin C juga mencerahkan dan ditargetkan hanya pada area pigmentasi bermasalah.

Kedelai

Ekstrak kedelai terbukti secara penelitian dapat membantu mencerahkan kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan flek dan mencegah melanin masuk ke dalam lapisan atas kulit. Anda bisa menemukan berbagai manfaat dari ekstrak kedelai di sejumlah produk skincare mencerahkan kulit.

Asam kojic

Asam kojic berasal dari jamur atau beras fermentasi. Digunakan untuk mencerahkan kulit dan paling baik digunakan bersama dengan hidrokuinon untuk menghasilkan hasil maksimal.

Asam kojic bekerja dengan menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen. Namun, asam kojic juga mempunyai risiko alergi karena sering ditemukan dalam konsentrasi. Perlu beberapa bulan untuk melihat manfaat penggunaan topikal asam kojic terhadap flek hitam.