Pasangan Harus Tahu, Begini 8 Bahasa Nonverbal dari Ketertarikan Seksual
Ilustrasi bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual (Freepik/Drazen.Zigic)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi dua orang yang berpasangan, bahasa tidak selalu diucapkan tetapi ditubuhkan. Ini dikenal sebagai bahasa tubuh yang memiliki intensi tertentu. Dalam aspek seksual, pasangan kadang malu atau ragu untuk mengungkapkan. Karena itu, kenali bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual yang Anda tangkap dari pasangan Anda.

1. Tatapan mata yang lama

Menatap pasangan yang lama dari biasanya adalah tanda ketertarikan. Seperti gayung bersambut, kalau tatapan mata mendapat respons sehingga saling kontak mata, ini dapat meningkatkan gairah. Biasanya tertahan sebentar, lalu tersungging senyuman. Tatapan mata yang lama, menurut penulis Journal of Nonverbal Behavior, Ronald E. Riggio, Ph.D., menunjukkan bahwa ada ketertarikan dan keinginan untuk terhubung.

2. Posisi badan terbuka

Duduk berhadapan langsung dengan lawan bicara, mencondongkan tubuh ke depan, mata terbuka lebar, dengan posisi lengan terbuka, mengisyaratkan bahwa pasangan Anda ingin berbagi secara lebih intim. Kadang-kadang isyarat ini disebut sebagai kesegaran.

bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual
Ilustrasi bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual (Freepik/drobotdean)

3. Menjilat bibir

Saat tertarik secara seksual pada seseorang, lidah bisa menjadi lebih aktif, dan bibir menjadi lebih sering lembab. Menjilat bibir secara perlahan ini bisa menjadi isyarat rayuan yang disengaja dan jelas.

4. Menyentuh bibir dan payudara

Isyarat yang lebih jelas bahwa seseorang menggoda Anda melibatkan isyarat menyentuh diri sendiri, seperti sentuhan lembut atau sapuan pada bibir dan/atau payudara.

5. Saling bersentuhan tetapi tak disadari

Bahasa tubuh bekerja secara alamiah yang kadang tak sepenuhnya disadari. Kalau Anda dan pasangan duduk bersama dengan sedikit kaki bersentuhan atau bertumpu pada tubuh salah satunya, ini adalah isyarat rayuan.

bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual
Ilustrasi bahasa nonverbal dari ketertarikan seksual (Freepik/pressfoto)

6. Lebih banyak tersenyum  dari biasanya

Meskipun kita sering tersenyum saat berinteraksi dengan orang lain yang kita sukai, saat tertarik secara seksual kepada seseorang, tingkat senyuman cenderung meningkat. Selain itu, cenderung lebih banyak tersenyum dengan mulut terbuka saat seseorang tertarik secara seksual.

7. Kepala mengangguk setuju

Saat bercakap-cakap dengan pasangan Anda, kenali gerakan kepalanya. Kalau ia mengangguk setuju dengan anggukan kepala lebih banyak, itu merupakan tanda bahwa ia sedang merayu dan tertarik dalam aspek seksual.

8. Melirik tubuh lama

Kalau tak melihat langsung, bisa jadi pasangan Anda hanya melirik. Melansir Psychology Today, Senin, 3 Juli, memandang lama ke pasangan terutama tubuh, adalah tanda ketertarikan seksual.

Dalam penelitian Riggio, menemukan bahwa ada orang yang terlihat pandai merayu dan menebarkan tanda-tanda di atas. Tetapi ada pula yang mencoba menunjukkan ketertarikan seksual tetapi menggambarkan emosi negatif dan tidak terlalu menggoda. Jadi, yang mana sering Anda tangkap dari pasangan? Nah, kalau pasangan Anda mengungkapkan emosi negatif untuk mengajak bercinta, cobalah untuk mulai mempraktikkan komunikasi seksual secara asertif sehingga relasi lebih sehat.