Posisi Tidur saat Infeksi Saluran Kemih agar Bisa Terlelap dengan Nyaman
Ilustrasi posisi tidur saat infeksi saluran kemih (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit yang cukup sering dialami oleh tidak sedikit orang. Seorang yang mengalami ISK akan merasakan gejala-gejala, mulai dari nyeri pinggang, mual, hingga sering buang air kecil. Kondisi tersebut cukup mengganggu aktivitas membuat tidur tidak nyaman. Lantas bagaimana seharusnya posisi tidur saat infeksi saluran kemih. 

Infeksi saluran kemih adalah gangguan kesehatan berupa terjadinya infeksi pada organ yang termasuk dalam sistem kemih. Infeksi bisa menyerang pada organ seperti ureter, ginjal, uretra atau kandung kemih. Infeksi ini bermula ketika bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra hingga berkembang di dalam kandung kemih. 

ISK merupakan masalah serius yang tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Selain itu gejala ISK juga mengganggu penderitanya baik saat menjalani aktivitas maupun tidur. Harusnya seperti apa posisi tidur saat infeksi saluran kemih?

Posisi Tidur saat Infeksi Saluran Kemih

Penderita ISK biasanya akan kesulitan tidur karena merasakan gejala tidak nyaman pada organ saluran kemih. Beberapa kondisi yang biasanya akan dialami, di antaranya buang air kecil pada malam hari, gangguan di area uretra atau panggul, dan lainnya. 

Untuk bisa beristirahat dan terlelap dengan pulas, Anda perlu tahu tips posisi tidur saat infeksi saluran kemih.

Tidur Miring ke Samping

Tidur miring ke samping merupakan posisi yang dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih. Selain itu, posisi tidur ini juga dapat mencegah urine mengalir kembali ke kandung kemih. 

Posisi tidur ini bisa Anda lakukan dengan badan miring ke samping dan lutut ditekuk. Untuk membuat kaki lebih nyaman, Anda bisa menaruh bantal di antara kedua lutut. 

Tidur Telentang dengan Bantal di Bawah Lutut

Posisi tidur yang dapat membantu mengurangi rasa gangguan ISK adalah dengan tidur telentang. Apabila tidak terbiasa tidur miring ke samping, Anda dapat mencoba tidur dengan posisi telentang dan menaruh bantal di bawah lutut. 

Posisi tidur ini dapat membantu mengurangi tekanan pada area uretra atau panggil. Dengan posisi telentang, gejala ISK bisa berkurang sehingga Anda lebih mudah tertidur. 

Tidur Setengah Duduk

Anda juga bisa mempraktikkan posisi tidur setengah duduk untuk membantu mengurangi gejala ISK. Pertama pastikan Anda mengambil posisi duduk dengan nyaman. Anda bisa meletakkan bantal di belakang punggung untuk mendukung posisi tidur Anda. Cara ini cukup bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan saat susah tidur. 

Tidur dengan Bantal Tambahan

Posisi tidur lainnya yang perlu Anda coba adalah tidur dengan bantal tambahan. Selain menaruh bantal di bawah lutut dan belakang punggung, Anda bisa memakai bantal tambahan yang diletakkan di bawah perut atau pinggang. 

Cara Mengatasi Susah Tidur Akibat Infeksi Saluran Kemih

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur akibat ISK. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

Banyak Minum Air Putih

Salah satu cara ampuh untuk mencegah atau mengatasi ISK adalah dengan minum banyak air putih. Asupan air yang cukup akan membantu meningkatkan produksi urin sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab ISK. 

Kompres dengan Air Hangat

Cara lain untuk mengatasi kesulitan tidur akibat ISK yakni dengan mengkompres bagian yang terasa nyeri. Anda bisa meletakkan kompres air hangat selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri. 

Lingkungan Tidur yang Nyaman

Tempat tidur yang nyaman sangat berpengaruh pada kualitas dan kemudahan Anda untuk beristirahat. Pastikan lingkungan tidur di kamar Anda cukup baik, mula dari penggunaan bantal, suhu kamar, hingga cahaya. 

Demikianlah ulasan mengenai posisi tidur saat infeksi saluran kemih agar bisa beristirahat dengan nyaman. Saat mengalami ISK, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan sebelum tidur, seperti menahan buang air kecil, konsumsi kafein atau alkohol, memakai pakaian ketat, dan sebagainya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.