Melihat Tradisi Iduladha di Berbagai Negara, Merias Hewan Kurban hingga Terbangkan Balon Warna-warni
Ilustrasi tradisi Idul Adha (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Lebaran Iduladha menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada tahun 2023, Hari Raya Iduladha jatuh pada 28 dan 29 Juni. Perayaan kurban di Indonesia dilaksanakan dengan penyembelihan hewan seperti Sapi dan Kambing. Seperti apa tradisi Iduladha di berbagai negara. 

Setiap negara memiliki tradisi Iduladha yang unik yang berbeda dari negara lainnya. Warga Islam di Indonesia merayakan Iduladha dengan Salat Ied terlebih dahulu. Setelah menunaikan ibadah salat, masyarakat kemudian melakukan penyembelihan hewan kurban. Lantas bagaimana dengan tradisi Iduladha di berbagai negara lainnya?

Tradisi Iduladha di Berbagai Negara

Iduladha atau Lebaran Haji merupakan menjadi waktu di mana umat Islam memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim. Meski pelaksanaannya Iduladha di seluruh dunia dalam waktu yang bersamaan tapi tradisi yang digelar berbeda-beda. 

Merias Hewan Kurban di Pakistan

Umat Muslim di Pakistan memiliki tradisi unik dalam perayaan Iduladha. Masyarakat di sana tidak langsung menyembelih hewan kurban. Namun mereka akan memandikan dan merias hewan kurbannya terlebih dahulu. Cara tersebut dilakukan sebagai penghormatan kepada Nabi Ibrahim. 

Tradisi unik Iduladha di Pakistan juga terlihat dari penampilan umat Muslim di sana. Para wanita menghias tangan mereka dengan henna organik dan memakai jilbab warna-warni sebelum salat Ied. Sedangkan para pria akan berpakaian tradisional Pakistan, mengenakan salwar kameez dan parfum alami. 

Bertukar Hadiah di Kazakhstan

Tradisi unik hari raya Iduladha juga bisa ditemui di Kazakhstan. Saat perayaan Iduladha, umat muslim di sana akan berkumpul untuk bertukar hadiah. Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan berbagai makanan bagi orang-orang yang membutuhkan. 

Sama seperti Hari Raya Idul Fitri di Indonesia, masyarakat Kazakhstan menggelar open house saat Iduladha. Pintu rumah mereka dibuka untuk mempersilakan sanak saudara atau tetangga yang ingin bertamu. Tak lupa mereka juga menyediakan beragam hidangan khas Kazahkstan. 

Menyembelih Unta di Arab Saudi

Hewan favorit yang dijadikan kurban oleh umat Muslim di Arab Saudi bukan sapi, melainkan unta. Masyarakat di sana akan menyembelih unta untuk kurban dan beberapa hewan lainnya juga seperti kambing dan domba. 

Perayaan Iduladha di Arab Saudi dilakukan secara meriah hingga sebagian besar kegiatan bisnis akan tutup selama tiga hari. Jadi saat Anda berkunjung ke Arab Saudi pada momen Iduladha, jangan lupa untuk mengikuti berbagai tradisi kurban yang digelar di desa-desa di sana. 

Melepas Balon Warna-warni setelah Salat Ied di Mesir

Tradisi unik Hari Raya Iduladha lainnya juga dilakukan oleh umat Islam di Mesir. Mereka akan melepas balon berwarna-warni sebagai ungkapan kegembiraan menjalani hari raya. Masyarakat di sana menunaikan ibadah salat Ied di bawah kantong bear berisi balon yang akan dilepas dengan sukacita. 

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Mesir selalu dilakukan di pinggir jalan. Hal ini sudah menjadi tradisi secara turun-temurun sejak dulu. Jadi ketika berkunjung ke Mesir saat momen Iduladha, jangan kaget jika melihat jalanan yang dilumuri darah hewan kurban. 

Anjangsana Keluarga di Turki

Umat Muslim di Turki memiliki tradisi anjangsana keluarga pada saat Hari Raya Iduladha. Selain menunaikan ibadah Salat Ied dan menyembelih hewan kurban, masyarakat di sana akan mengunjungi keluarga dan teman untuk menghabiskan waktu berlibur bersama. 

Demikianlah tradisi Iduladha di berbagai negara yang berbeda dengan perayaan di Indonesia. Setiap negara memiliki tradisi atau cara unik masing-masing untuk merayakan Hari Raya Iduladha. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.