5 Perangkat Sederhana yang Bisa Mendukung Kesehatan Mental Anda
Ilustrasi perangkat sederhana yang mendukung kesehatan mental (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat rencana berjalan tak sesuai kenyataan atau tampak berantakan seharian, bisa membuat hari yang buruk. Ini juga memicu kelelahan emosional, stres, dan rasa jenuh. Di saat seperti ini, Anda tetap bisa menjaga kesehatan mental dengan perangkat sederhana yang pasti dimiliki banyak orang. Kit atau perangkat sederhana di bawah ini, adalah kumpulan barang yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan buruk. Ada baiknya, Anda mulai mengumpulkan kembali perangkat berikut ini.

1. Parfum atau wewangian yang menenangkan

Ini bisa berupa lilin, minyak esensial, atau aroma lain yang bisa menenangkan Anda. Jika Anda menyukai wewangian tertentu, gunakan berapa kali saat suasana hati Anda sedang baik. Dengan car aini, aroma favorit Anda akan dikaitkan dengan saat-saat bahagia. Oleh karena itu, Anda bisa memakainya selama hari buruk, maka memori Indera penciuman akan membantu Anda merasa lebih baik.

2. Barang masa kecil yang memorable

Barang masa kecil yang dulu pernah berarti, bisa juga diandalkan dan membantu Anda merasa lebih nyaman. Itu bisa dari barang kenangan yang menyenangkan. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu, Anda juga bisa menonton acara televisi yang ditonton saat kecil. Melansir Youth Mental Pal, Senin, 19 Juni, nostalgia dan kehangatan masa kanak-kanak bekerja seperti sweater tua yang nyaman di hari-hari yang sulit.

perangkat sederhana yang mendukung kesehatan mental
Ilustrasi perangkat sederhana yang mendukung kesehatan mental (Freepik)

3. Surat dari seseorang yang Anda cintai

Sepucuk surat atau kumpulan surat dari orang yang Anda cintai dapat Anda baca kembali. Itu bisa berupa surat ulang tahun dari kerabat yang sudah tidak ada lagi, catatan dari sahabat Anda, atau surat cinta yang sebenarnya dari seseorang di masa lalu. Surat tersebut hanya sebagai pengingat tertulis tentang seberapa besar Anda berarti bagi seseorang dan ini membantu menyembuhkan daripada yang Anda kira.

4. Buku untuk dibaca

Salah satu kit kesehatan mental yang diyakini banyak orang adalah buku. Buku favorit Anda, yang lucu, ringan, dan membantu Anda melupakan apapun di sekitar, adalah tambahan sempurna untuk perangkat kesehatan mental Anda. Alternatifnya, jika Anda tidak terlalu suka membaca buku, Anda dapat menukarnya dengan acara TV atau film yang membantu Anda merasa lebih baik.

perangkat sederhana yang mendukung kesehatan mental
Ilustrasi perangkat sederhana yang mendukung kesehatan mental (Freepik)

5. Menghubungi orang terdekat

Mengobrol dengan orang terdekat, dapat membantu melewati masa-masa sulit. Kadang-kadang, menghadapi masalah sendirian merasa kewalahan. Sehingga memiliki seseorang yang bisa diajak bicara dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Penting dipahami, dalam perjalanan rute tak selalu lurus atau kadang perlu menjaga diri di tengah angin kencang. Jadi, Anda bisa mengumpulkan dalam kotak kit barang-barang yang membuat Anda merasa berharga, lebih tenang, rileks, serta menyehatkan mental.