Keraguan yang Kerap Melumpuhkan, Bisa Diatasi dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi cara mengatasi keraguan dan meningkatkan keberanian (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keraguan kerap sekali membuat langkah Anda terhenti. Meskipun sementara, tetapi momen terhenti ini cukup melelahkan. Bahkan membuat Anda overthinking, cemas, dan khawatir. Faktanya, salah satu cara mengatasi keraguan adalah dengan meningkatkan keberanian. Nah, keberanian ini mendorong Anda bergerak maju, berani mengambil risiko, dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Lantas bagaimana cara meningkatkan keberanian dan mengatasi keraguan?

1. Tumbuhkan perspektif yang sehat

Cara terbaik untuk menumbuhkan keberanian, dimulai dengan memandang keberanian sebagai otot. Alih-alih berasumsi bahwa menjadi takut adalah hal yang buruk, lihatlah itu sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa Anda dan mengapa Anda mungkin takut atau kurang bersemangat untuk keluar dari zona nyaman Anda. Anda mungkin menemukan bahwa jika Anda meluangkan waktu untuk menyebutkan keraguan Anda dan memahami mengapa itu ada, Anda akan menemukan ide yang lebih baik tentang cara mengatasinya atau menjadi berani terlepas dari itu.

2. Identifikasi kekuatan Anda

Ada baiknya memulai dengan mengidentifikasi apa kekuatan atas perspektif yang sehat. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengenali dan mengembangkan kekuatannya tidak hanya merasa lebih bahagia, tidak terlalu tertekan, dan juga lebih tangguh. Melansir VerywellMind, Minggu, 18 Juni, mengetahui apa yang Anda kuasai membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda lebih berani mengambil risiko.

cara mengatasi keraguan dan meningkatkan keberanian
Ilustrasi cara mengatasi keraguan dan meningkatkan keberanian (Freepik/jcomp)

3. Memeriksa rute yang berbeda

Seperti kata pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’. Begitu pula banyak cara untuk mencapai tujuan dengan tidak hanya membayangkan hal terburuk tetapi juga kesempatan apa yang didapat  ketika Anda berani mengambil risiko. Seringkali, membandingkan dua rute yang ekstrim bisa membantu meminimalisir risiko buruk. Jika membuat rencana atau membandingkan dua plan secara rutin, maka Anda akan kebal akan rasa ragu.

4. Kurangi stres

Kadang-kadang orang merasa ragu atau kurang berani hanya karena kelelahan dan overthinking. Jika Anda merasakewalahan, lelah, dan macet, carilah cara untuk menghilangkan stress. Karena, sulit sekali untuk berani ketika Anda stres. Artinya, lakukan self-care dan cara lain melepas lelah. Misalnya mengambil cuti dan mengisi hari libur Anda dengan aktivitas merilekskan.

5. Rayakan keberanian Anda

Setiap tindakan berani harus dirayakan terutama jika keberanian adalah sesuatu yang baru bagi Anda. Jadi, jangan lupa untuk mengenali saat-saat ketika Anda bertindak dengan berani meski merasa takut. Penting untuk menepuk punggung Anda sendiri dan mengenali upaya yang diperlukan untuk mengatasi rasa takut Anda.

cara mengatasi keraguan dan meningkatkan keberanian
Ilustrasi cara mengatasi keraguan dan meningkatkan keberanian (Freepik)

Faktanya, para ahli mengakui bahwa mereka yang merayakan kemenangan kecil cenderung lebih sukses dalam jangka panjang. Tentu saja Anda tidak perlu meneriakkannya di atas atap atau di sosial media. Tetapi catatlah apa yang telah Anda capai dan biarkan diri Anda merasa senang karenanya.

6. Menerima kegagalan

Kebanyakan orang takut gagal, yang seringkali membuat mereka stuck dan jalan di tempat. Rasa takut akan kegagalan, dapat membuat orang mengembangkan standar yang kaku dan jadi perfeksionis. Tetapi kegagalan adalah pengalaman yang harus dirangkul. Jadi, kegagalan bukan hal buruk, terutama jika Anda mengambil risiko atau melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Percayalah, kegagalan adalah kesempatan untuk tumbuh sebagai pribadi lebih baik.

Dalam hal keberanian, tidak ada kata terlambat untuk menguatkan otot Anda. Pada prinsipnya, keberanian adalah sifat lain dari meneguhkan usaha, tekat, dan perlu latihan yang disengaja.