<i>Micro-Cheating</i>, Selingkuh Tipis-Tipis yang Meresahkan
Ilustrasi (Tumisu-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Selama ini orang mungkin melabeli pasangannya selingkuh saat dia diam-diam punya hubungan lain di belakang Anda. Namun, bagaimana jika pasangan hanya sekadar jalan bareng atau berkirim pesan tanpa sepengetahuan Anda?

Kondisi ini disebut micro-cheating alias selingkuh tipis-tipis. Menurut pakar kencan Melanie Schilling, micro-cheating adalah sekumpulan tindakan kecil yang mengindikasikan seseorang secara emosional terfokus pada orang selain pasangannya.

Mungkin secara status, dia ada pasangan Anda. Namun, di luar sana, ia diam-diam berhubungan mantan kekasihnya, dekat dengan rekan kerjanya, menggoda lawan jenis di media sosial, atau malah menyembunyikan status hubungannya dengan Anda. 

Ciri lain micro-cheating misalnya ketika pasangan seringkali ngobrol panjang lebar lewat pesan teks dengan orang lain, lalu dihapus agar pasangannya tak melihat, ngobrol soal seks dengan orang lain, atau diam-diam aktif di aplikasi kencan online. 

Micro-cheating ini bisa sangat bervariasi tergantung persepsi masing-masing dan tergantung kepada apa saja yang dianggap selingkuh. 

Tindakan-tindakan kecil ini kalau tak ada tindak lanjutnya bisa besar kemungkinannya untuk mengarah ke perselingkuhan yang lebih serius. Kemudian, hubungan Anda yang jadi korban. 

Bagaimana cara mencegah terjadinya micro-cheating? Perbaiki komunikasi. Dengan komunikasi yang baik, Anda dan pasangan sama-sama bisa memahami satu sama lain. Sehingga kalian tak terpikiran untuk butuh orang lain untuk mendengarkan cerita atau sekadar ingin dimengerti. 

Meski sibuk dengan kegiatan pribadi, sebaiknya selalu ingat untuk meluangkan waktu bersama pasangan, walau hanya sekadar bicara di telepon. Selain itu, selalu mengusahakan agar hubungan tak membosankan.

Sebagai pencegahan, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan soal micro-cheating. Minta juga opini pasangan tentang apa persepsi dia soal perselingkuhan. Kemudian, buatlah kesepakatan bersama tentang apa yang boleh dan tak bisa dilakukan.