Perbedaan Soya dan Susu Kedelai serta Formula Soya, Ibu-Ibu Wajib Tahu
Ilustrasi susu soya (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Susu soya kerap dipilih para ibu-ibu untuk alternatif asupan nutrisi pada bayi. Kandungan nutrisi dalam susu soya dinilai memiliki manfaat baik bagi kesehatan bayi. Susu soya adalah minuman yang terbuat dari kacang soya atau kedelai. Banyak yang bertanya apa perbedaan soya dan kedelai. 

Susu soya disebut menjadi sumber protein nabati yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Susu soya dapat dipilih apabila si kecil tidak suka mengonsumsi produk hewani. Di dalam susu soya terkandung protein 7 gram, lemak 4 gram, karbohidrat 4 gram,d an 80-100 kalori. Namun ibu-ibu seringkali keliru membedakan susu soya dan formula soya. Meski namanya sama-sama terdapat kata ‘soya’, namun keduanya memiliki perbedaan. 

Perbedaan Soya dan Susu Kedelai

Susu soya dan susu kedelai bisa disebut tidak memiliki perbedaan. Keduanya adalah produk yang sama. Susu soya adalah minuman susu yang terbuat dari kacang kedelai. Susu kedelai memiliki kalori yang lebih rendah dan rendah gula. Untuk kebutuhan nutrisi bagi bayi, susu soya menjadi protein nabati sebagai pengganti protein hewani. 

Perbedaan Susu Soya dan Formula Soya

Meski penyebutan susu soya dan formula soya hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan susu soya dan formula soya terletak pada bahan baku, proses pembuatan, hingga kandungan nutrisinya. 

Bahan Baku

Bahan pembuatan susu soya adalah biji kedelai. Sementara formula soya terbua dari protein soya, yakni bentuk sederhana dari protein nabati dalam biji kedelai. 

Proses Pembuatan

Susu soya dibuat dengan melalui beberapa tahapan. Pertama, kacang kedelai direndam air. Kemudian disaring menggunakan kain kasa untuk mengambil sari kedelainya. Selenajutnya sari kedelai diseterilisasi dengan cara dipanaskan. 

Sementara pembuatan formula soya dilakukan dengan cara menggabungkan isolat protein soya dengan bahan baku sumber karbohidrat, sumber lemak, dan sumber serat tinggi. Baik susu soya maupun formula soya juga ada yag dibuat di pabrik memakai teknologi modern. 

Kandungan Nutrisi

Susu soya memiliki kanduangan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dibanding susu sapi, susu soya lebih rendah lemak jenuh, rendah gula, dan rendah kalori. Selain itu, susu soya juga mempunyai kelebihan yakni mengandung semua asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. 

Sementara kandungan nutrisi dalam formula soya dinilai lebih lengkap dibanding susu soya biasa. Formula soya tidak hanya kaya protein, namun juga terdapat vitamin dan mineral, serta, asam lemak Omega 3 & 6, serta minyak ikan. 

Demikianlah ulasan perbedaan soya dan susu kedelai serta formula soya. Susu soya dan susu kedelai bisa disebut sebagai minuman yang sama. Sementara susu soya dan formula soya memiliki perbedaan dari segi pembuatan, bahan baku, dan nutrisinya. Susu soya bermanfaat baik bagi pertumbuhan anak, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung perkembangan otak, dan membuat perut sehat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait