Kapan Sebaiknya Memperbolehkan Bayi Minum Air Putih? 
Ilustrasi (Sergey Makashin/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tubuh perlu memiliki cukup cairan agar berfungsi dengan baik. Jika tubuh anak-anak kekurangan cairan, mereka berisiko tinggi untuk mengalami dehidrasi. Untuk mencegah kondisi tersebut, jadikanlah minum air putih sebagai kebiasaan yang baik bagi anak sejak dini. 

Namun di usia berapa orang tua boleh memperkenalkan anak pada air putih? Melansir Very Well Family, Rabu, 24 Mei, anak usia enam bulan ke atas baru diperbolehkan minum air putih. Sedangkan anak yang berusia di bawah enam bulan belum boleh minum air sebab pada usia tersebut, dia cukup mendapat hidrasi dari ASI maupun formula.

Jika Anda mengkhawatirkan anak dehidrasi saat musim panas,ketahuilah bahwa ASI sendiri terdiri dari 80 persen air. Saat cuaca panas atau jika Anda khawatir bayi tidak mendapatkan cukup cairan, beri dia ASI atau susu formula alih-alih menawarkan air putih. Selain mengandung air, ASI dan formula juga menawarkan banyak nutrisi penting yang tidak dimiliki air putih.

Memperkenalkan air putih pada bayi sebelum usianya 6 bulan bisa berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan malnutrisi, masalah pasokan, dan penyapihan dini yang tidak diinginkan. Air yang tidak bersih juga bisa timbulkan risiko keamanan yang dapat menyebabkan diare atau infeksi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai risiko mengenalkan air putih terlalu dini pada bayi.

Menyapih Dini

Menyusui bekerja berdasarkan penawaran dan permintaan. Jika Anda sedang menyusui, tubuh Anda terus memproduksi ASI tergantung seberapa sering bayi Anda menyusu atau seberapa sering Anda memompa ASI.

Jika Anda memberi bayi air putih alih-alih menyusuinya, Anda mungkin secara tidak sengaja memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi lebih sedikit ASI. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penyapihan dini yang tidak diinginkan.

Infeksi

Air putih dirasa belum cukup bersih untuk sistem pencernaan bayi sehingga dikhawatirkan dapat sebabkan infeksi pencernaan hingga diare. Bayi yang terkena diare pun cukup berbahaya sebab bisa membuat si kecil mengalami dehidrasi. Air putih juga berpotensi menghilangkan nutrisi yang ada pada ASI atau susu formula sebelum sempat diserap oleh tubuh bayi. Jika sudah begitu, anak Anda berpotensi terkena malnutrisi.

Malnutrisi

Bayi Anda membutuhkan nutrisi yang ditemukan dalam ASI atau susu formula untuk perkembangan yang tepat, terutama selama enam bulan pertama kehidupannya. Memberikan air kepada bayi dapat menyebabkan mereka minum lebih sedikit ASI atau susu formula.

Lalu, bagaimana cara memperkenalkan bayi usia 6 bulan pada air? Nah, Anda dapat mulai memperkenalkan kepada bayi dengan menuangkan air ke dalam gelas belimbing atau botol minum dengan sedotan.