6 Cara Tingkatkan Level Dukungan Emosional antar Pasangan dalam Hubungan Pernikahan
Ilustrasi (Shvets Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rintangan selalu ada dalam hubungan percintaan. Yang menentukan apakah suatu hubungan bisa bertahan adalah bagaimana cara pasangan mencari solusi menyelesaikan rintangan tersebut. Salah satu masalah yang kerap dihadapi yaitu kurangnya dukungan emosional.

Kurangnya dukungan emosional tidak harus mengakhiri hubungan. Meski membangun keintiman emosional bukanlah hal yang mudah, namun ini bisa dilakukan. Anda dapat mencobanya sendiri menggunakan langkah-langkah yang disarankan para ahli pernikahan untuk meningkatkan dukungan emosional, melansir Marriage, Rabu, 17 Mei.

1. Kenali upaya pasangan dan tunjukkan rasa terima kasih

Bagikan pemikiran tentang segala hal yang Anda hargai dari pasangan. Cara ini pasti membuat pasangan merasa dihargai dan dianggap. Bonusnya, dia akan mengubah cara pandang terhadap Anda dan memperbarui hubungan emosional kalian.

2. Kirimkan pujian yang tidak terduga

Saat pertama kali berkencan, Anda dan pasangan tentu akan saling memuji. Sayangnya, kebiasaan ini akan berkurang dari waktu ke waktu. Kirim pesan teks tak terduga yang berisikan sesuatu yang disukai Anda dan pasangan.

3. Atur waktu santai bersama

Semakin bertambah usia pernikahan, pasangan akan semakin sulit menghabiskan waktu bersama untuk sekedar bersantai. Ingatlah, waktu bersantai itu penting sebab memberikan ruang untuk tidak melakukan apa pun selain bersama dengan pasangan dan terhubung kembali secara emosional maupun fisik.

4. Perhatikan keinginan kecil yang mereka ucapkan

Saat mereka menunjukkan buku catatan baru yang ingin mereka dapatkan, merek headphone tertentu atau tiket untuk konser mendatang, catatlah. Habiskan uang untuk membeli keinginan pasangan tersebut. Ini akan menjadi hadiah yang bermakna dan sebagai pertanda Anda peduli pada pasangan.

5. Ulangi dan rangkum pembicaraan pasangan

Jika Anda ingin pasangan berbagi lebih banyak dan menjadikan Anda tempat berbagi saat suka maupun duka, pastikan untuk berbicara dengan bijaksana. Saat Anda mendengar dia berbicara, ulangi dengan kata-kata Anda sendiri untuk memastikan Anda mengerti dengan baik. Mendengarkan pasangan dengan seksama dapat membantu Anda memahami bagaimana cara pandang mereka terhadap dunia dengan lebih baik.

6. Berikan keintiman fisik

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memberikan dukungan emosional, ingatlah bahwa sebagian besar perasaan intim dan dukungan emosional datang melalui komunikasi non-verbal. Peluk, cium, serta bergenggaman tangan untuk sering menjalin kontak fisik dengan pasangan.