Bunga Hydrangea di Halaman Tidak Berbunga? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi (Scott Web/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hydrangea atau bunga hortensia merupakan jenis tanaman yang memiliki bunga dengan warna yang paling indah. Mulai dari biru, pink, krem, hingga hijau limau, warna-warni hydrangea tentu dapat menyejukkan tiap mata yang memandangnya. 

Namun di beberapa kasus, bunga-bunga cantik hydrangea enggan menampakkan kembangnya meski sudah dirawat dengan sempurna. Tumbuh subur dengan daun hijau besar pun tidak menjamin bunga hydrangea akan mekar. 

Melansir Taste of Home, Kamis, 11 Mei, masa berkembangnya bunga hortensia tergantung dari varietas yang ditanam. Umumnya, bunga yang dikenal dengan nama bunga bokor ini akan mekar mulai pertengahan musim semi hingga akhir musim panas atau awal musim gugur.

Ada juga beberapa varietas hydrangea yang mekar ‘abadi’ sepanjang musim panas. Hydrangea yang tumbuh di daerah beriklim panas mungkin akan berhenti mekar di musim tersebut tetapi akan kembali mekar di musim gugur.

Bunga hydrangea mulai muncul di musim semi dan bisa bertahan sepanjang musim panas hingga awal musim gugur. Bunga ini bisa Anda tanam untuk mempercantik halaman rumah dengan semburat warnanya yang menawan, pun dijadikan sebagai tanaman pembatas.

Begitu hortensia mekar menjadi bunga, mophead atau bunga besarnya akan tumbuh subur menghiasi pekarangan. Anda juga bisa memotong kembangnya dan dirangkai menjadi rangkaian bunga untuk diletakkan dalam vas atau dikeringkan sebagai tambahan dekorasi.

Jika bunga hydrangea tidak berbunga sepanjang tahun, setidaknya ada empat alasan yang wajib diketahui, yaitu:

Pemangkasan yang tidak benar

Beberapa jenis hydrangea bertunas dan mekar di batang tua dari musim tanam sebelumnya sementara yang lain akan bertunas di batang baru. Pelajari cara memangkas setiap jenis hydrangea dengan benar atau hortensia Anda akan kehilangan masa mekarnya.

Kejut Transplantasi

Apakah Anda baru saja mentransplantasikan hydrangea di halaman dan menemukan bahwa tanaman yang sebelumnya sehat kini tidak terlihat bagus? Mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan kembali. Tanaman yang telah dipindahkan terkadang dapat mengalami syok transplantasi.

Tanaman muda atau hydrangea yang baru saja ditransplantasikan mungkin memerlukan waktu memantapkan diri di tempat baru sehingga tidak langsung berbunga. Sebaliknya, daun dan batang akan mengarahkan energi untuk menghasilkan akar dan dedaunan baru dan menyesuaikan diri dengan kondisi baru.

Kekurangan air

Hydrangea suka tetap terhidrasi. Apakah hydrangea Anda terletak di area yang dapat mencegahnya mendapatkan aliran air atau curah hujan yang stabil? Mereka menyukai tanah di sekitarnya disiram secara merata untuk mendukung bunganya mekar. Kekurangan air dapat mencegah mekar. Lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk air secara manual jika perlu.

Kekurangan Matahari

Hydrangea yang tidak mekar mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Periksa lanskap sekitarnya dan lihat apakah ada cabang atau pertumbuhan dari tanaman lain yang menghalangi sinar matahari untuk sampai ke hydrangea. Sebagian besar varietas hydrangea akan tumbuh dengan baik di tempat teduh sebagian, tetapi kekurangan sinar matahari yang signifikan bisa menjadi masalah. Putuskan apakah tanaman lain dapat dipotong untuk memungkinkan lebih banyak sinar matahari mencapai hydrangea.