Mengenal Operasi Transfer Lemak yang Sering Dilakukan Artis, Prosedur Mempercantik Bagian Tubuh
Ilustrasi operasi transfer lemak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa pesohor tengah menjadi perbincangan setelah dirinya dikabarkan melakukan operasi transfer lemak. Seorang artis ada yang baru saja menjalani transfer lemak di bawah mata. Namun masih banyak yang belum mengenal operasi transfer lemak dan bagaimana prosedurnya.

Banyak netizen Indonesia yang mengomentari penampilan wajah artis setelah melakukan operasi transfer lemak. Wajah seorang jadi aneh karena terlihat membengkak usia menjalani transfer lemak. 

Menanggapi komentar miring dari netizen, pesohor tersebut mengatakan bahwa perlakuan yang dia terapkan pada wajahnya bukan operasi plastik. Dia mengaku bahwa ia melakukan perawatan wajah dengan cara mentransfer lemak di badannya ke bagian wajah. Langkah ini ia lakukan untuk menghindari suntik filter. 

Mengenal Operasi Transfer Lemak

Transfer lemak merupakan prosedur operasi kosmetik yang dilakukan untuk memindahkan lemak di satu bagian tubuh ke bagian lainnya. Operasi ini juga disebut dengan istilah “lipomodelling” atau “cangkok lemak”.

Banyak orang melakukan prosedur kosmetik ini untuk mempercantik bagian tubuhnya, bisa itu payudara, bibir, bokong, dan lainnya. Selain untuk mempercantik penampilan, transfer lemak biasanya juga bertujuan untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di bagian tubuh, seperti paha, perut, pinggang, dan sebagainya. 

Prosedur transfer lemak ditangani oleh ahli bedah kosmetik dengan cara menyuntikkan lemak ke bagian tubuh yang diinginkan oleh pasien. Lemak yang dicangkokkan atau ditanamkan tersebut kemudian harus membangun kembali aliran darah untuk dapat bertahan hidup. Apabila tidak dapat membangunnya, maka lemak yang disuntikkan tidak akan bertahan dan prosedur harus dilakukan ulang. 

Prosedur Transfer Lemak

Ada beberapa tahapan dalam prosedur operasi transfer lemak. Pasien yang menjalani transfer lemak akan disuntik bius total atau bius lokal pada area yang dioperasi. Berikut ini proses transfer lemak:

  • Penilaian dan pemetaan tubuh: Ahli bedah plastik akan melakukan evaluasi pada penampilan dan warna kulit pasien, serta memeriksa area yang akan ditanam lemak. 
  • Sedot lemak: Kulit pasien disayat kecil untuk memasukkan tabung tipis. Tabung tersebut digunakan untuk menyedot lemak. Luka dari sayatan kemudian dijahit. 
  • Menyiapkan lemak: Peralatan khusus digunakan untuk memisahkan lemak yang diambil dari darah dan cairan lainnya. 
  • Menyuntikkan lemak: sebagian kecil lemak disuntikkan ke area yang sedang dirawat. 
  • Pemulihan: Bagian yang dioperasi akan diberi kompres es untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Area ini akan terasa sedikit lunak selama satu atau dua hari tapi tidak memerlukan obat.

Demikianlah ulasan mengenal operasi transfer lemak yang kerap dijalani para seleb atau artis untuk mempercantik bagian tubuhnnya. Prosedur operasi transfer lemak biasanya dilakukan untuk tujuan memperindah bentuk payudara, bokong, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait