Orang Tua Wajib Awas, Ini 6 Tanda Pengasuh Anak Tidak Profesional
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mencari pengasuh anak atau babysitter yang sesuai dengan kriteria bisa jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Meski begitu, saat kriteria sudah sesuai orang tua akan merasa nyaman dan yakin bahwa babysitter yang dipilih akan membuat anak aman dan bahagia.

Mengutip Very Well Family, Jumat, 5 Mei, berikut beberapa tanda peringatan bahwa babysitter yang Anda pilih bekerja tidak profesional dan perlu segera mencari penggantinya.

Kurang komunikasi

Wajar jika Anda mengharapkan babysitter anak menyapa Anda, tersenyum, dan terlibat dalam obrolan ringan. Hal ini penting agar Anda jadi tahu bagaimana perkembangan si kecil, pun memahami apakah si pengasuh merasa nyaman atau tidak bekerja dengan Anda. Berhati-hatilah jika babysitter tidak melakukan komunikasi baik dengan Anda maupun anak. Dalam hubungan apapun, komunikasi sangat penting dilakukan.

Gagal fokus pada instruksi

Pengasuh yang baik harus mencatat instruksi yang Anda berikan dan memahami semua instruksi tersebut. Jika Anda memberi tahu pengasuh bahwa anak-anak harus mandi dan berada di tempat tidur pada waktu tertentu, dan mereka tampak mengabaikan instruksi tersebut atau atau terlihat tidak memperhatikan apa pun yang Anda katakan, Anda perlu menentukan tindakan selanjutnya.

Sering terlambat atau tidak dapat diandalkan

Keadaan darurat keluarga atau hal yang tidak dapat dihindari pasti terjadi. Tetapi jika pengasuh anak sering terlambat atau kerap tidak datang bekerja, maka Anda perlu hati-hati. Jika pengasuh Anda tidak cukup peduli dengan pekerjaan untuk datang tepat waktu dan peka terhadap tugas dan tanggung jawabnya, maka carilah orang lain yang mau.

Anak menangis saat ditinggal dengan pengasuh

Bukan hal yang aneh jika anak tidak ingin berpisah dari ibu atau ayah. Tetapi jika anak menjadi terganggu secara emosional karena ditinggalkan dengan pengasuh tertentu, orang tua harus berpikir dua kali untuk mempercayai orang itu. Lebih dari separation anxiety, kecemasan saat berpisah ini bisa menandakan sesuatu yang lebih serius.

Perilaku dan pola tidur anak berubah

Jika anak mandiri tiba-tiba menjadi lengket dan menarik diri atau mulai terbangun sepanjang malam dengan masalah tidur. Dan perubahan tersebut dapat dikaitkan dengan waktu bersama pengasuh, maka orang tua harus khawatir.

Perilaku anak-anak dapat berubah, bahkan secara dramatis, tetapi ini adalah tanda peringatan yang tidak boleh diabaikan. Orang tua harus bereaksi dengan cepat dan tegas serta menentukan apakah diperlukan penyelidikan lebih lanjut.

Anak sering mengalami luka

Luka atau goresan atau keduanya adalah kejadian normal dialami anak sehat dan aktif. Saat mengalami hal ini, babysitter yang baik bisa jelaskan pada orang tua penyebab luka di tubuh anak. 

Namun seringnya terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cedera di luar itu bisa menandakan kurangnya pengawasan atau lebih buruk lagi, kekerasan fisik. Cedera yang tidak dapat dijelaskan dalam bentuk apa pun berfungsi sebagai tanda yang menandakan adanya masalah antara anak dan pengasuhnya.

Itulah tanda pengasuh anak bekerja tidak profesional. Jika Anda, sebagai orang tua melihat tanda-tanda di atas, sebaiknya lebih awas dan segera carikan penggantinya, ya.