5 Cara Memutihkan Leher yang Hitam dengan Bahan Alami, Mudah Diaplikasikan!
Ilustrasi memutihkan leher yang hitam (Foto: Unsplash/Clem Onojeghuo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Leher yang hitam dapat membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Untungnya, cara memutihkan leher yang hitam bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Dengan begitu, Anda tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk memutihkan leher yang hitam.

Bagi Anda yang sedang mencari solusi memutihkan leher yang hitam, simak tips mudahnya berikut ini.

Cara Memutihkan Leher yang Hitam dengan Bahan Alami

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara memutihkan leher yang hitam dengan bahan-bahan alami:

  1. Gunakan masker dari yogurt, kunyit, dan lemon

Disadur dari Mayo Clinic, salah satu penyebab leher menghitam adalah adanya hiperpigmentasi pada kulit leher. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengoleskan masker yang terbuat dari bahan alami, seperti yogurt, kunyit, dan lemon.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, parut kunyit dan ambil perasan jeruk lemon untuk dicampur dengan yogurt dan tepung. Kemudian aduk hingga menjadi pasta. Jika sudah, oleskan masker pada area leher. Lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Asal tau saja, yogurt merupakan produk susu yang kaya akan nutrisi. Asam laktat yang terkandung dalam yogurt dapat menjadi agen pencerah kulit.

Sedangkan lemon yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi pigmentasi. Kunyit juga mengandung kemampuan mencerahkan kulit. Sedangkan tepung hanyalah pelengkap untuk membantu mengentalkan masker.

Masker bisa diaplikasikan ke seluruh wajah, leher, dan area bermasalah lainnya. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan.

  1. Cuka apel

Cara memutihkan leher yang hitam juga bisa dengan cuka sari apel. Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel dapat meringankan pigmentasi.

Akan tetapi, sebelum menggunakannya Anda harus memperhatikan jumlah cuka sari apel yang harus diencerkan.

Sebelum dioleskan kebagian leher yang hitam, encerkan dua sendok makan cuka sari apel dengan empat sendok makan air. Kemudian oleskan pada leher menggunakan kapas.

Anda tidak dianjurkan menggunakan cuka apel terlalu lama. Cukup 2-3 menit saja, lalu bilas sampai bersih. Perawatan ini dapat diulang setiap hari, sekali atau dua kali sehari untuk memutihkan leher.

  1. Lidah buaya

Apabila Anda memiliki tanaman lidah buaya, Anda bisa memanfaatkannya sebagai masker pemutih leher.

Dalam lidah buaya terkandung senyawa aloin, agen depigmentasi alami. Gel lidah buaya murni dapat dioleskan ke area hiperpigmentasi di malam hari dan dibersihkan di pagi hari. Cara memutihkan leher yang satu ini patut kamu coba dan rutin dilakukan.

  1. Susu

Selain keempat bahan di atas, cara memutihkan leher yang hitam juga bisa dilakukan dengan susu. Asam laktat yang terkandung dalam susu bisa membantu mencerahkan kulit.

Cara memutihkan leher yang hitam dengan susu yakni, rendam bola kapas ke dalam susulalu oleskan ke seluruh area yang terkena. Diamkan selama 20-30 dan bilas setelahnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari selama satu pekan.

  1. Oleskan minyak almond

Dalam minyak almond terkandung senyawa sclerosant yang dapat memperbaiki warna kulit. Selain itu, minyak ini juga kata vitamin E yang dapat menghaluskan dan meremajakan kulit.

Sebelum memutihkan leher yang hitam dengan minyak almond, Anda harus membersihkan leher dengan sabun dan air. Berikutnya, tepuk-tepuk hingga mengering. Setelah itu, baru oleskan beberapa tetes minyak almon yang sudah dicampur dengan 1-2 tetes tea tree oil.

Pijat leher dengan gerakan memutar selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Demikian informasi tentang cara memutihkan leher yang hitam dengan bahan-bahan alami. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.