5 Cara Menggendong Kucing agar Tidak Dicakar
Ilustrasi cara menggendong kucing agar tidak dicakar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang tertarik mengadopsi kucing, tentu perlu mengetahui cara memelihara mereka agar kebutuhannya terpenuhi. Selain itu, jangan sampai keliru cara menggendong kucing. Karena kucing secara natural adalah hewan karnivora yang berkuku dan bertaring, maka ketahui cara menggendong kucing agar tidak dicakar.

Sebelum menggencong kucing, Anda perlu pendekatan dulu dengan anabul lucu ini. Kalau tanpa pendekatan, kucing akan mengalami stres dan mungkin mati-matian berupaya untuk melompat kalau digendong paksa. Berikut cara pendekatan sekaligus menggendong kucing agar tidak dicakar dan nyaman di pelukan.

1. Perkenalan dan pendekatan

Kucing mencakar atau menggigit karena takut. Jadi dengan cara tersebut anabul menjaga keamanan diri. Jadi agar tak dicakar atau digigit, buat mereka kenal terlebih dahulu. Pertama, dekati kucing ketika mereka dalam keadaan santai. Jangan mendekati ketika mereka tertidur karena akan terkejut apabila kaget.

cara menggendong kucing agar tidak dicakar
Ilustrasi cara menggendong kucing agar tidak dicakar (Freepik)

Kucing rileks ditandai dengan mata tidak terbuka lebar, tubuh dalam posisi santai seperti berbaring atau duduk, ekornya diam, telinga menghadap ke dapan, bulu tidak terurai, ekor tidak menggembung, dan tidak mengeluarkan suara geram. Dekati mereka dalam keadaan tersebut, dan bicaralah dalam keadaan normal.

2. Beri kesempatan untuk mengendus

Ulurkan tangan Anda dan letakkan beberapa inci dari wajah kucing. Sering kali, kucing akan mengendus tangan Anda dan mereka akan memilih apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kalau kucing menjauh dari tangan Anda, tandanya mereka tidak tertarik dan jangan mendekat. Sedangkan kalau tidak merespons tangan Anda, jangan pula mendekat. Biasanya mereka dalam keadaan tegang dan cenderung bisa mencakar.

Nah, kalau kucing mengendus dengan kondisi santai, sapa mereka dengan tepat. Elus lembut bagian atas kepala atau pipinya. Jangan mengelus bagian yang lebih rendah dari kepala. Kalau mereka merespons dengan dengkuran santai, kemungkinan akan menerima Anda.

3. Gerakkan tangan dengan halus dan lembut

Kelembutan adalah cara melunakkan hewan karnivora, termasuk kucing. Gerakkan tangan Anda dengan lembut dan halus sekkali dari kepala ke ekor. Jika mereka tegang dan cemas, segera tarik tangan Anda. Ini tanda bahwa kucing tidak mengizinkan Anda mengelus tubuhnya. Tetapi kalau kucing tidak merespons, Anda bisa mulai Bersiap untuk menggendongnya.

cara menggendong kucing agar tidak dicakar
Ilustrasi cara menggendong kucing agar tidak dicakar (Freepik)

4. Posisikan tangan dan lengan

Cara menggendong kucing, dengan meletakkan satu tangan dan setengah lengan Anda di bawah kaki depan kucing. Jika perlu, sokong bagian bawah punggungnya.

Kemudian angkat kucing dan begitu terangkat segera dekatkan ke tubuh Anda, dada atau perut. Ini perlu dilakukan sesegera mungkin sebelum Anda benar-benar berdiri.

5. Pegang kucing dengan aman

Sering kali orang akan bergerak untuk memeluk kucing. Selama Anda terus memegang kucing ke arah Anda dan pentatnya selalu ditopang, tak apa melakukannya. Beberapa kucing pemalu mungkin memilih menyembunyikan wajahnya di lekukan lengan Anda.

Melansir Great Pet Care, selama menggendong kucing, terus pantau responsnya. Apabila mereka bosan digendong, mereka akan memberikan isyarat seperti menggoyangkan ekor seperti getaran kecil, meregangkan tubuh, menggeram, menggeliat di lengan Anda, atau berhenti mendengkur. Jika ini terjadi, turunkan kucing segera dengan cara yang aman. Saat menurunkan, ambil posisi berlutut atau letakkan ke permukaan. Karena ketika ia melompat dari tangan, bisa mencengkeramkan cakarnya untuk mendapatkan tumpuan dan ini bisa melukai kulit Anda.

Itulah kelima cara menggendong kucing agar tidak dicakar. Mungkin setiap ras kucing memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi lakukan setahap demi setahap untuk anabul merasa nyaman digendong dan berinteraksi dengan Anda tanpa melukai.