5 Tips Rutin Olahraga untuk Pemalas, Tertarik Bergerak yang Tidak Bikin Capek?
Ilustrasi olahraga yang tidak capek (Freepik/stockking)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang tak rutin olahraga, tentu membutuhkan upaya keras untuk mulai menggerakkan badan. Apalagi pada hari yang malas, beranjak dari sofa dan mulai bergerak akan terasa berat. Tetapi ternyata, Anda bisa tetap berolahraga tanpa harus beranjak dari tempat rebahan yang nyaman. Caranya, berikut latihan dan tips olahraga yang tidak capek.

1. Olahraga di atas karpet atau matras

Sembari run nonton drama serial, Anda tetap bisa menggerakkan badan di atas karpet. Seperti gerakan donkey kicks, glute bridges, dan tricep presses. Ketiga gerakan ini bisa dilakukan selama tujuh menit yang mana masing-masing gerakan selama 45 hitungan. Gerkan donkey kicks dimulai dengan mengambil posisi bertumpu pada dua tangan dan lutut. Satu per satu kaki diangkat ke atas, paha paralel dengan lantai.

Sedangkan gerakan glute briges, dimulai dari posisi telentang dengan lutut ditekuk ke atas. Kemudian angkat torso dengan tumpuan pada bahu belakang dan kaki sehingga perut terangkat membentuk jembatan. Selanjutnya, tricep presses dimulai dengan posisi tengkurap dan mengangkat tubuh bagian atas dengan tumpuan kedua tangan.

olahraga yang tidak capek
Ilustrasi olahraga yang tidak capek (Freepik)

2. Olahraga tanpa alat

Menggerakkan badan tanpa alat dengan posisi berbaring, tentu tidak merepotkan. Karena olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental, Anda bisa mencuri waktu sekitar 10 menit untuk menggerakkan badan. Anda bisa mencari 10 referensi gerakan, seperti hamstring curl, swimmers, windshield wipers, dan scissor kicks. Setelah selesai melakukannya, tubuh akan mengeluarkan keringat yang berarti baik untuk detoks atau membakar lemak.

3. Olahraga saat PMS dan meredakan nyeri haid

Sejumlah gerakan olahraga yang lambat dan bisa dilakukan di atas sofa, bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Melansir Bustle, gerakan tersebut juga memanjakan tulang belakang, seperti gerakan yoga child pose, cobra, dan slow lunges.

olahraga yang tidak capek
Ilustrasi olahraga yang tidak capek (Freepik)

4. Olahraga dengan posisi berbaring

Saat Anda tidak ingin pergi ke gym atau berangkat kelas yoga, bisa melakukan olahraga sendiri dengan berbaring. Meskipun gerakannya sedikit sulit, tetapi Anda bisa menikmatinya karena ritme bisa disesuaikan dengan kemampuan. Gerakannya seperti gerakan superman untuk melatih punggung dan bokong, mengangkat kaki untuk melatih otot perut, dan pose hydrant untuk melatih pinggul.

5. Menari dengan posisi duduk

Di atas sofa pun, Anda bisa tetap bergerak. Termasuk dengan menampilkan gerakan koreografi tari yang memungkinkan Anda melatih beberapa otot sambil meningkatkan detak jantung Anda. Gerakan yang bisa dilakukan dengan menggerakkan tangan dan kaki seperti berbaris, mengangkat lengan, mengangkat lutut, dan gerakan lain yang memungkinkan untuk tak bangun dari posisi duduk.

Itulah kelima tips tetap olahraga meski sedang malas beranjak dari posisi nyaman Anda. Penting untuk dipahami, olahraga tak hanya menjaga kesehatan tetapi juga suasana hati.