Makanan Segar Mengandung Lebih Banyak Air, Ini 6 Buah untuk Mencegah Dehidrasi
Ilustrasi buah segar mencegah dehidrasi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rekomendasi untuk minum air setidaknya 8 gelas sehari, bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Tetapi ada cara lain untuk mencegah cairan tubuh turun drastis, terutama saat Anda menjalani puasa atau diet intermittent.

Hidrasi penting dalam menjaga kerja kognisi, mengurangi risiko batu ginjal, dan mengatur berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan Januari 2023, menemukan bahwa orang yang tetap terhidrasi dengan baik lebih sehat. Mereka juga mengembangkan lebih sedikit kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak terhidrasi dengan baik.

Penting dipahami, jumlah hidrasi yang dibutuhkan tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, kehamilan, dan status menyusui. Kabar baiknya, makanan yang Anda makan juga berperan besar dalam hidrasi, termasuk minum cukup air mineral.

buah segar mencegah dehidrasi
Ilustrasi buah segar mencegah dehidrasi (Freepik)

Menurut professor epidemiologi di UTHealth School of Public Health, Houston, Shreela Sharma, Ph.D., RD., memperkirakan sekitar 20 persen kebutuhan hidrasi tubuh dipenuhi oleh makanan. Makanan tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan serat, tetapi juga menghidrasi tubuh. Seorang ahli jantung di Hartfort, Connecticut, Garth Graham, MD., MPH., menjelaskan bahwa makanan rehidrasi biasanya adalah makanan yagn paling banyak mengandung air. Apa saja makanan segar tersebut? Berikut buah yang bisa Anda konsumsi untuk menghidrasi tubuh.

1. Mentimun

Mentimun mengandung 85 persen air dan termasuk sebagai sayuran hijau bukan hanya toping salad. Anda bisa mencoba konsumsi irisan mentimun dengan saus atau hummus, karena lebih banyak kandungan airnya daripada menikmati keripik.

2. Batang seledri

Kalau daunnnya biasa Anda masukkan dalam sup terakhir sebelum dihidangkan, batang seledri juga bisa ditambahkan dalam salad tuna. Selain memiliki cita rasa yang unik, batang seledri juga banyak mengandung air yang membantu mencegah dehidrasi.

3. Semangka

Dikenali dari teksturnya, buah semangka banyak mengandung air dan rendah kalori. Buah musim panas ini, bisa dinikmati dalam salad buah atau ditambahkan dalam minuman segar bersama arugula dan mint.

4. Blewah

Selain semangka dan melon, blewah juga tinggi air dan membantu mencegah dehidrasi. Dalam 1 cangkir porsi blewah, mengandung 427 miligram potasium, ini merupakan nutrisi baik. Kalium yang merupakan salahs atu elektrolit juga baik membantu tubuh mendapatkan kandungan air. Anda bisa membuat salad buah dengan buah segar, termasuk blewah. Bisa juga menambahkan dalam smoothie atau dimakan langsung secara segar.

Stroberi

Buah merah yang rasanya manis dan asam ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Di dalam stroberi mengandung hampir 100 miligram vitamin C dalam 1 cangkir. Stroberi juga 91 persen mengandung air dan menyarankan disajikan sebagai salad bersama basil. Bisa juga ditambahkan dalam puding bersama biji chia sebagai hidangan penutup yang bergizi.

buah segar mencegah dehidrasi
Ilustrasi buah segar mencegah dehidrasi (Freepik/stockking)

Tomat

Tomat mengandung lebih banyak air daripada stroberi. Dalam tomat mengandung 94 persen air, dilansir EverydayHealth, Kamis, 13 April. Tomat juga merupakan sumber potasium, dalam ukuran sedang mengandung 282 miligram.

Setelah mengetahui daftar buah yang membantu mencegah dehidrasi di atas, adakah favorit Anda? Anda bisa berkreasi dalam menyajikannya. Tetapi hindari memproses atau memasaknya berlebihan karena membuat kandungan air menguap.