5 Jenis Kue Lebaran yang Umum Ditemukan di Indonesia
Ilustrasi (Gustavo Fring/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Idul Fitri menjadi momen untuk melepas rindu bersama keluarga. Saat bersilaturahmi, Anda tentu juga akan menemukan berbagai suguhan ala kampung halaman. Selain ketupat, opor ayam, rendang, dan sambal goreng ati, ternyata ada berbagai kue Lebaran tradisional yang umum ditemukan di rumah warga Tanah Air. Berikut beberapa di antaranya:

Nastar

Nastar merupakan kue yang bentuknya bulat dan ada isian nanasnya. Nanas ini yang membuat cita rasa nastar menjadi lebih kaya, ada gurih dan manisnya. Kalau tidak begitu suka manis, isian nanasnya bisa dikurangi. Kue kering ini juga berasal dari bahasa Belanda, ananas dan taart. Selain disajikan saat Lebaran, nastar juga tampak pada perayaan Imlek dan Hari Natal. Karena bahan utamanya tepung terigu, mentega, dan telur, batasi mengonsumsi kue kering ini, ya.

Manisan kolang-kaling

Kolang-kaling wajib disajikan masyarakat Betawi saat Idul Fitri. Rasanya yang manis menggambarkan harapan agar hidup selalu manis di masa datang. Khusus untuk penganan Lebaran, manisan ini dibuat dengan warna yang mencolok. Dibuat dari kolang kaling, gula pasir, vanili, dan pewarna makanan. Selain enak dimakan begitu saja, manisan kolang-kaling sering dijadikan campuran es campur.

Kue semprit

Walau tak setenar kue nastar, kue semprit kerap hadir kala Lebaran dan tak kalah gurihnya. Bertekstur lembut dan garing, kue semprit bisa dikreasi dengan berbagai bentuk. Biasanya menyerupai bunga dengan pemanis di bagian tengahnya. Nama kue semprit sebenarnya muncul dari cara pengolahannya menggunakan alat bernama 'spuit'. Namun, karena terdengar asing, orang Indonesia mengucapkannya semprit agar lebih mudah. Dibuat dari adonan kue yang terdiri dari tepung terigu, tepung maizena, roombutter, kuning telur, putih telur, gula halus dan bubuk vanilli.

Kaastengels

Kue kering keju ini berasal dari kata Belanda: kaas (keju) dan stengels (batang). Sejak dulu memang merupakan kue kering yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Aslinya dibuat dari Edam, keju Belanda yang agak keras. Namun sekarang kaastengels bisa dibuat dari keju apa saja, Gouda atau Cheddar. Beda jenis kejunya, beda citarasanya dan beda pula kandungan lemaknya. Rasanya yang gurih dan cheesy membuat kue kering ini disukai siapa saja.

Kue putri salju

Kue kering ini berbentuk bulan sabit dan diatasnya diberi taburan gula halus yang kemudian mirip seperti salju. Kue Putri Salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang dalam oven sampai matang, kemudian ditaburi gula halus.