Suka <i>Ngemil</i> Malam Hari? Ikuti 5 Tips Makan Camilan secara Sehat
Ilustrasi tips makan camilan secara sehat (Freepik/Drazen Zigic)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang suka ngemil tetapi perlu dipertimbangkan untuk kesehatan. Ngemil memang disarankan untuk siang hari. Sedangkan untuk malam hari, Anda perlu mengenali mana yang boleh dilakukan dan dihindari.

Ngemil pada siang hari, camilan bisa menambah bahan bakar untuk sel tubuh Anda. Terutama jika Anda aktif bergeran dan beraktivitas. Berikut tips makan camilan sehat yang bisa Anda praktikkan sehari-hari.

1. Pertimbangkan kondisi perut Anda

Beberapa orang mungkin memilih ngemil dua kali sehari. Pada saat sebelum makan siang dan menjelang sore sebelum petang. Tetapi penting kiranya mendengarkan perut Anda. Apabila belum waktunya makan siang tetapi sudah lapar, ngemil adalah satu cara untuk disiplin pada jam makan Anda.

Melansir Healthline, Selasa, 11 April, mendengarkan isyarat lapar dan kenyang tubuh Anda adalah latihan kesadaran yagn baik. Penelitian juga mengaitkan makan penuh perhatian dengan hubungan yang lebih sehat dengan makanan. Jadi, ngemil pada dasarnya tidak dibatasi jam tetapi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

tips makan camilan secara sehat
Ilustrasi tips makan camilan secara sehat (Freepik/DCStudio)

2. Pilih camilan yang bergizi

Ketika memikirkan makanan yang gurih, bisa juga memilih camilan yang mengenyangkan dan enak. Seperti kacang-kacangan, kenari, buah kering, atau jika memungkinkan bisa makan makanan segar yang tidak diproses berlebihan. Kalau ngemil buah-buahan, bisa ditambahkan dengan selai kacang.

3. Ngemil camilan yang tinggi serat

Untuk makan makanan tinggi serat, disarankan makan buah bersama kulitnya. Misalnya buah apel yang dimakan bersama kulit. Selain itu, ada polong-polongan yang juga tinggi serat. Ditambah lagi, biji-bijian seperti gandum, jagung, beras, dan quinoa yang tidak dimurnikan bisa merupakan sumber serat yang bagus. Kalau Anda menemukan camilan kemasan berbahan biji chia, juga bisa dikonsumsi dengan jumlah terbatas.

4. Nutrisi yang bagus untuk camilan

Protein, serat, dan natrium merupakan nutrisi yang baik untuk diperhatikan saat ngemil. Camilan kaya protein sangat bagus setelah berolahraga karena protein memainkan peran penting dalam membangun dan memperbaiki otot. Nah, kalau natrium, menurut American Heart Association sebanyak 70 persen didapat dari makanan olahan dan restoran. Maka pertimbangkan produk makanan yang rendah sodium dengan ukuran kurang dari 140 miligram.

5. Boleh mengganti makanan dengan camilan

Boleh saja mengganti makanan dengan camilan selama bepergian. Apalagi jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk duduk dan makan lengkap. Camilan seimbang yang mengandung ketiga makronutrien, termasuk karbo, lemak, dan protein. Misalnya smoothie yang berbahan campuran buah mengandung karbohidrat, kaya serat, ditambahkan biji chia dan selai kacang yang mengandung lemak dan protein sehat.

Itulah kelima tips makan camilan secara sehat. Nah kalau ngemil pada malam hari, pilih makanan tinggi serat dan ukur porsinya.