Ketahui 8 Cara Mengatasi Sulit Konsentrasi, Yuk Diaplikasikan Supaya Tetap Fokus
Ilustrasi cara mengatasi sulit konsentrasi (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah Anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi saat belajar atau menyelesaikan pekerjaan? Jika ia, Anda perlu mengetahui cara mengatasi sulit konsentrasi. Pasalnya,hal tersebut dapat mengganggu produktivitas. Selain itu, sulit konsentrasi juga bisa berbahaya jika Anda sedang melakukan aktivitas penting, seperti mengemudi.

Cara Mengatasi Sulit Konsentrasi

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 8 April 2023, berikut cara mengatasi sulit konsentrasi supaya Anda tetap produktif dan bisa fokus ketika sedang menyelesaikan tugas:

  1. Istirahat yang cukup

Ketika Anda kurang tidur, otak akan menjadi lelah dan mengalami penurunan fungsi. Jika ini terjadi, Anda akan kesulitan untuk mengingat, berpikir dan berkonsentrasi.

Nah, untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

  1. Pusatkan pikiran

Supaya tetap fokus, hindari melakukan beberapa pekerjaan yang berat sekaligus. Penting untuk mengetahui sejauh apa batas tubuh Anda.

  1. Konsumsi makanan sehat

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda konsumsi punya pengaaruh terhadap daya fokus Anda?

Salah satu cara mengatasi sulit konsentrasi adalah memperbanyak makan sehat seperti ikan berlemak (salmon), telur, bayam, dan bluberi.

Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bisa membantu untuk tetap fokus. Sebaiknya hindari makanan olahan, makanan manis, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak.

  1. Rutin berolahraga

Selain membuat tubuh menjadu bugar, berolahraga secara rutin juga dapat meningkatkan konsentrasi. Pasalnya, saat olahraga, aliran darah ke otak akan meningkat.

Terkait hal ini, Ada disarankan untuk berolahraga 10-40 menit setiap hari untuk meningkatkan konsentrasi.

  1. Konsumsi Minuman berkafein

Kopi dan berbagai jenis minuman berkafein lainnya, dapat membantu mengindari kantuk dan membuat lebih fous. Pasalnya, kandungan kafein dalam minuman ini dapat merangsang otak untuk terjaga, dan menyelesaikan masalah dengan fokus yang tinggi.

  1. Istirahat sejenak

Mengambil jeda sejenak ketika Anda sedang bekerja merupakan cara efektif untuk mengatasi sulit konsentrasi.

Mengerjakan sesuatu selama berjam-jam bisa membuat otak menjadi lelah, dan berusaha untuk tetap fokus hanya akan membuat kamu stres dan semakin buntu.

Oleh sebab itu, ketika pikiran Anda sudah memulai mengembara ke mana-mana. Cobalah untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda.

Ada bisa menyegarkan diri dengan minum minuman dingin atau camilan bergizi. Selain itu, Anda juga berjalan-jalan sebentar atau sekedar keluar untuk menikmati matahari.

  1. Latih otak

Cara mengatasi sulit konsentrasi yang berikutnya adalah dengan memainkan permainan yang megasah otak. Selain seru, permainan, seperti catur, sudoku, teka-teki silang, permainan memori, bisa melatih otak Anda, sehingga kamu bisa lebih fokus dan memiliki daya ingat yang baik.

  1. Luangkan waktu berada di alam

Terakhir, sulit konsentrasi bisa diatasi dengan berjalan-jalan di sekitar komplek perumahan, duduk di taman atau di halaman belakang. Aktivitas tersebut akan membuat Anda tetap fokus, kendati hanya dilakukan selama 15-20 menit.

Demikian informasi tentang cara mengatasi sulit konsenterasi. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.