Mengenal <i>Quiet Luxury</i>, Gaya Berpakaian Minimalis yang Lebih Terlihat Mewah
Ilustrasi tren gaya berpakaian quiet luxury yang minimalis dan mewah (Freepik/bristekjegor)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Quiet luxury adalah kemewahan yang tenang dan sedang populer dalam dunia mode. Gaya berpakaian quiet luxury ini secara sederhana dimaknai dan dipraktikkan sebagai gaya minimalis terkini yang fokus pada kebiasaan belanja secara bijaksana dan menganggap busana sebagai barang investasi.

Gaya minimalis dalam dunia mode, populer sejak 2008 hingga 2016. Sebagai sebuah gerakan, gaya ini identik dengan busana warna netral dan tidak memakai logo merek atau brand. Tujuannya untuk memilih pakaian berkualitas tinggi dan mulus tanpa label. Bukan untuk pamer, tetapi gaya berpakaian quiet luxury memakai pendekatan yang lebih lambat dan sederhana dalam berpakaian.

gaya berpakaian quiet luxury yang minimalis dan mewah
Ilustrasi tren gaya berpakaian quiet luxury yang minimalis dan mewah (Freepik/bristekjegor)

Memamerkan kekayaan tersembunyi lewat gaya berbusana, melansir Elle, Rabu, 5 April, kemewahan berasal dari keharmonisan. Baik itu harmoni dalam palet warna, tekstur, dan bentuk, tutuk Maja Dixdotter, Direktur Kreatif dari By Malene Birger.

Berbagai faktor yang mendorong gaya berpakaian yang minimalis namun mewah ini. Pertama, ketika pandemic COVID-19, banyak orang akhirnya menyadari bahwa kita sesungguhnya tak memerlukan banyak baju. Kemudian, kemewahan yang tenang juga menjadi barometer ekonomi. Seperti resesi yang terjadi tahun 2008, menawarkan mode fungsional yang lebih selaras dengan kehidupan kita sehari-hari.

gaya berpakaian quiet luxury yang minimalis dan mewah
Ilustrasi tren gaya berpakaian quiet luxury yang minimalis dan mewah (Freepik/svetlanasokolova)

Gaya busana minimalis tak lepas dari pengaruh desainer fashion Inggris, Phoebe Philo. Sejak 2008-2018 ia adalah direktur kreatif brand Céline dan sebelumnya di brand Chloé pada 2001-2006. Pada dasarnya tidak ada definisi resmi dari istilah quiet luxury. Tetapi kemewahan yang sederhana ini mengenakan pakaian dasar berkualitas tinggi dengan cara yang terlihat mewah.

Prinsipnya, estetika yang terpancar dari gaya mode minimalis nan mewah ini, tidak memperlihatkan logo, tren berumur panjang, dan potongannya tidak mencolok. Aksesori yang menyertai gaya quiet luxury harus telrihat elegan namun tidak berlebihan. Warna netral pun juga jadi identitas kuat dari gaya busana mewah namun tenang. Artinya, kalung berlapis tidak berlaku untuk gaya ini.