6 Bahasa Tubuh yang Menandai Kekuatan Hubungan Berpasangan
Ilustrasi bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungan berpasangan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam membangun hubungan yang kuat, banyak hal diperlukan. Termasuk komunikasi yang baik, keintiman fisik dan emosional, serta rasa hormat. Ketiga aspek tersebut merupakan faktor kunci yang tergambar dalam bahasa tubuh.

Bahasa tubuh merupakan reaksi alami yang natural atau tak dibuat-buat. Menurut psukolog Mary Ann Mercer, Psy.D., mengatakan “Bahasa tubuh memberi tahu kita tentang bagaimana seseorang yang berinteraksi dan berbicara dengan kita benar-benar merasakan atau berpikir di dalam, mengungkapkan bahkan lebih dari kata-kata yang sebenarnya.”

Bahasa tubuh secara langsung mengungkap banyak hal tentang status hubungan Anda dengan pasangan. Di bawah ini, para ahli dilansir laman Martha Stewart, Senin, 3 April, mendaftar enam isyarat bahasa tubuh berikut menunjukkan bahwa Anda dan pasangan memiliki hubungan yang kuat.

1. Sering saling menyentuh

Tanda hubungan yang solid dan penuh kasih antara Anda bersama pasangan, ialah dengan bahasa tubuh yang saling menyentuh satu sama lain. Kalau kata Mercer, berpegangan tangan mengungkapkan kedekatan emosional dan cinta jangka panjang dalam satu hubungan.

bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungan berpasangan
Ilustrasi bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungan berpasangan (Freepik)

2. Mencerminkan gerakan satu sama lain

Meniru basaha tubuh pasangan Anda adalah tanda koneksi yang kuat, menurut Laurel House, pakar kencan dan hubungan. Ini dapat menciptakan sinkronisitas dengan pasangan, yaitu saling terhubung yang terjadi secara alami. Tambah House, ini seperti dua orang yang menguap bersama. Ini tanda bawah sadar bahwa ada koneksi atau keinginan untuk terkoneksi satu sama lain sehingga membuat seseorang merasa tidak sendirian.

3. Kontak mata yang kuat

Sering kali, apa yang Anda pikirkan diekspresikan melalui mata. Mata menyimpan emosi yang sangat signifikan. Kadang-kadang, pandangan yang terhenti pada satu orang mengungkapkan banyak hal. Misalnya, jika Anda berdiri di sisi berlawanan dalam ruangan dan bertatapan, Anda dan pasangan langsung terhubung.

4. Mencondongkan tubuh ke arah pasangan

Berdiri berseberangan ataupun duduk bersebelahan, kalau tubuh saling condong satu sama lain, menunjukkan bahwa Anda tertarik pada pikiran dan perasaan orang lain tersebut. Termasuk kalau dialami dua orang yang berpasangan. Kalau mereka bersandar satu sama lain, atau menyejajarkan wajah, menunjukkan bahwa pasangan tersebut saling memuja.

bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungna berpasangan
Ilustrasi bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungan berpasangan (Freepik/freepic.diller)

5. Ciuman yang berlama-lama

Jika Anda dan pasangan saling memberi kecupan ketika mengucapkan ‘selamat tidur’ atau ‘aku pergi dulu ya’, mungkin pertanda hubungan yang sehat. Lebih dari itu, ketika ciuman berlangsung beberapa detik, kemungkinan hubungan Anda dan pasangan merupakan hubungan yang sehat. Tergantung di mana berciuman, kalau di bibir adalah tanda keintiman.

6. Telapak tangan terbuka

Berbicara dengan seseorang dengan menyilangkan tangan, mungkin tampak seperti sikap yang tertutup. Berbeda ketika pasangan yang saling menunjukkan telapak tangan selama perakapan, menunjukkan keterbukaan, kejujuran, dan keterusterangan. Perhatikan pula, ketika gerakan tangan tidak berlebihan merupakan tanda sikap hangat.

Itulah enam bahasa tubuh yang menandai kekuatan hubungan berpasangan. Apakah Anda dan pasangan sering tanpa sadar memiliki bahasa tubuh di atas?